Pulau Komodo Termasuk Dalam Diving Indonesia Map Pilihan

diving indonesia map

sumber foto: indonesia.travel

Wisatawan yang tiba di Pulau Komodo bisa memahami kenapa pulau ini termasuk dalam diving Indonesia map pilihan, karena laut yang mengelilinginya menawarkan kehidupan laut yang berwarna cerah dan eksotik yang akan membuat para penyelam terpesona oleh kumpulan ikan yang berenang tanpa habisnya di saluran air yang bergerak naik dari ventilasi dalam laut, di bawah mereka dasar laut ditutupi oleh karpet tebal yang terdiri dari karang neon dan invertebrata laut, semua keindahan ini tidak hanya surga untuk para penyelam tetapi juga untuk para fotografer bawah laut.

Laut yang mengelilingi pulau bergolak dan penuh dengan kehidupan laut yang tidak tertandingi. Konservasi laut belum lama telah dibangun dan cadangan kehidupan yang ada di tempat ini sebagian besar belum tercatat dan masih belum terjelajahi. Taman Nasional Komodo sudah dibangun pada tahun 1980. Tempat ini juga dianggap sebagai Cagar Biosfer dan Manusia dan sebuah Situs Warisan Dunia pada tahun 1986. Taman nasional ini mencakup 3 pulau utama, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar serta berbagai pulau-pulau kecil yang secara bersama-sama dijumlahkan menjadi 41.000 hektar dari wilayah daratan yang termasuk juga 132.000 hektar wilayah laut.

Penyelam di Pulau Komodo bisa menjadi saksi bahwa karang yang ada di Taman Nasional Komodo masih murni, dengan ikan pari manta, hiu, kura-kura, lumba-lumba, dugong, berbagai ikan pelagis, hingga kuda laut mungil, kodok laut dan masih banyak lagi bisa juga ditemukan di tempat diving Indonesia map pilihan ini. Tempat ini juga memiliki variasi makhluk laut dari lereng karang yang lembut sampai aliran pemacu adrenalin jantung, dari air hangat di Laut Flores sebelah utara hingga air yang lebih dingin di daerah selatan Samudra Hindia, medan bawah laut sangat bervariasi dari dinding tebing yang tipis, puncak, dasar dataran berpasir, dataran tinggi di bawah laut, lereng, gua, daerah berenang, saluran, semua daerah ini memiliki variasi warna, ukuran dan jenis karang yang memiliki bentuk keras dan lembut.

Tempat-tempat diving di Pulau Komodo antara lain:

– Pulau Bidadari

Menyelam di pulau ini membuat penyelam bisa melihat menara besar dari batu, dilapisi dengan karang keras dan lembut, ditutupi oleh siput laut, gua-gua kecil dan serambi-serambi yang membuat tempat ini menjadi sangat menarik dan indah untuk dikunjungi, hiu kehitaman dan ikan kakak tua merupakan salah satu makhluk hidup yang besar di daerah ini, karang katedral, sebuah lereng lembut yang ditutupi oleh meja karang dari semua warna dan kumpulan ikan, menara karang yang menjulang dengan gua kecil di bagian dasar menjadi tempat tinggal dari beberapa cumi-cumi besar.

– Sabolon

Pulau kecil ini memiliki beberapa bagian tempat untukĀ melakukan diving Indonesia seperti, Sabolon Kecil, Sabolon Besar, Sebayur Kecil, Tatawa Besar dan Tatawa Kecil. Sabolon Kecil merupakan sebuah lereng di sisi timur dari pulau ini, terdapat 2 gundukan bawah laut di ujung selatannya yang memiliki belut taman dan pena laut. Sabolon Besar merupakan lereng terjal di sebelah selatan dan barat dari pulau yang lebih besar, mencakup daerah karang yang luar biasa dan memiliki peluang besar untuk menemukan ikan daun kalajengking. Sebayur kecil merupakan tembok dan lereng dari setiap jenis karang dan beragam variasi dari kehidupan laut. Tatawa Besar merupakan lereng dengan taman karang lembut yang berubah menjadi keras sepanjang lereng, memiliki banyak ikan shoaling, penyu dan hiu yang memiliki ujung berwarna hitam. Sedangkan Tatawa Kecil merupakan tempat yang memiliki ombak kuat.

Daftar tempat-tempat yang termasuk diving Indonesia map di aswirman.com.

Advertisements

6 thoughts on “Pulau Komodo Termasuk Dalam Diving Indonesia Map Pilihan

  1. Pingback: Keindahan Alam Indonesia Kelas Dunia di Pulau Misool | My Blog

  2. Pingback: Keindahan Alam Laut Indonesia yang Dimiliki Oleh Bunaken | My Blog

  3. Pingback: 5 Olahraga Extreme Dunia yang Disukai Mahasiswa | My Blog

  4. Pingback: Raja Ampat Menjadi Pilihan Diving Indonesia December yang Memuaskan | My Blog

  5. Pingback: Salah Satu Lokasi Diving Indonesia Best Sites Papua Adalah Teluk Triton | My Blog

  6. Pingback: Mengunjungi Taman Nasional Komodo yang Dimiliki Pulau Komodo Flores | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s