Mengenal 4 Air Terjun Terindah di Indonesia

air terjun terindah di indonesia

sumber foto: trover

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan tumah dari pantai-pantai jernih dan gunung-gunung yang indah, tetapi kepulauan ini menawarkan lebih dari itu seperti adanya pilihan air terjun terindah di Indonesia, dan masih banyak pilihan tempat wisata alam lainnya. Tempat tujuan liburan ini tidak mengenal kepribadian seseorang, karena mereka akan kesulitan untuk tidak mengapresiasi keguman alam yang dimiliki oleh tempat-tempat tersebut. Dengan pilihan air terjun di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk dijadikan tujuan liburan selanjutnya untuk mendapatkan pengalaman yang baru.

Air Terjun Saluopa, Sulawesi Tengah

Pilihan pertama dari air terjun yang paling indah di Indonesia ini berada di desa Saluopa Leboni, Pusalemba Pamona, kabupaten Poso, yang hanya 12 kilometer di sebelah barat dari kota Tentena. Keindahan dari air terjun ini sebelumnya menjadi tujuan liburan rahasia bagi wisatawan lokal namun dengan cepat mendapatkan pengakuan dari wisatawan asing. Dari ketinggian 25 meter, air akan mengalir dari sumbernya di sebuah teras yang terlihat bagaikan fashion. Sebuah tangga batu menyediakan pengunjung akses di tingkat berlipat dengan pemandangan yang unik secara keseluruhan.

Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Tempat yang satu ini bisa ditemukan di Desa Durin Sirigun, yang dimana merupakan sebuah air terjun besar dengan ketinggian 1.270 meter di atas permukaan. Nama Air Terjun Dua Warna dari tempat ini terinspirasi dari 2 gradien warna yang dihasilkan oleh tingkat fosfor dan belerang yang ada di air, menyediakan corak yang berbeda seperti silver-putih dan biru terang. Pengunjung bisa berenang dan berkemah di tempat ini, tetapi perlu diingat bahwa air yang ada di tempat ini tidak untuk diminum. Untuk mengunjunginya memerlukan perjalanan 2 hingga 3 jam pendakian tetapi pendaki tidak boleh patah hati, meskipun pendakian cukup menantang, tetapi perjalanan yang dilakukan masih aman dan pantas untuk dicoba.

Air Terjun Mursala, Sumatera Utara

Masih di Sumatera Utara, namun air terjun yang satu ini berada di Mursala, yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, tepatnya di pusat dari Tapanuli. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air terjun Mursala ini bergerak ke bawah melalui batu granit hitam menuju Samudera Hindia dengan suara gemeruh yang keras. Air di bawahnya merupakan tempat tinggal dari beragam jenis terumbu karang, ikan dan beberapa spesies yang terancam punah, keindahan dari tempat ini mungkin perlu dilihat oleh diri sendiri dengan menyewa perahu dan melakukan aktivitas snorkeling di bawah permukaan dari arus air.

Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Pilihan air terjun terindah di Indonesia ini bisa ditemukan di daerah Bayan, Lombok Utara, yang berada dekat dengan Taman Nasional Rinjani. Berada pada 600 meter di atas permukaan laut, terjunan air ini memiliki ketinggian sekitar 31 meter. Air terjun yang memiliki lapisan ini dengan lapisan pertama muncul di bagian atas tebing dan terjum menuju bagian bawah area kolam. Merupakan dongeng daerah tersebut yang menyebutkan bahwa seorang bidadari datang ke tempat ini dan membersihkan di menggunakan air yang diberkati. Untuk mencapai tempat yang memiliki pemandangan tiada duanya, pengunjung akan harus menaiki 200 anak tangga pada ketinggian 40 meter, dan melewati jembatan di atas lembah, atau menggunakan jalur alternatif, yang bergerak sepanjang sisi ujung dari daerah sekitar.

Cari tahu tempat lainnya yang memiliki air terjun terindah di Indonesia lewat Super Adventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s