Jalur Dari Sirkulasi Darah Manusia yang Mengalirkan Oksigen

sirkulasi darah manusia

sumber foto: livescience

Ketika jantung berkontraksi dan memaksa darah masuk ke dalam pembuluh darah, ada jalur tertentu dalam proses sirkulasi darah manusia dimana darah mampu mengikutinya di sepanjang bagian tubuh. Darah bergerak melalui peredaran paru-paru dan melanjutkan perjalanannya melalui sirkulasi sistemik. Paru dan sistemik merupakan 2 sirkuit di dalam sistem 2 sirkuit dari binatang yang berada dalam tingkat paling tinggi dengan sistem sikulasi tertutup.

Manusia dan mamalia lainnya memiliki 2 sistem sikulasi, satu sirkuit adalah untuk sirkulasi paru-paru, sirkulasi menuju paru-paru dan sirkuit lainnya adalah untuk sistem sirkulasi, bagian lainnya dari tubuh. Dengan setiap kontraksi atrium dan kamar jantung, darah dipompa menuju pembuluh darah utama tertentu dan dari sini, darah akan melanjutkan perjalannya melalui sistem sikulasi. Dalam sirkulasi paru-paru, darah yang kekurangan oksigen disebut dengan deoksigenasi.

Darah ini baru saja menukar oksigen dengan karbon dioksida sepanjang membran sel, dan kini kebanyakan dari kandungannya adalah karbon dioksida. Darah deoksigenasi masuk ke atrium kanan melalui vena cava superior dan vena cava inferior. Dengan superior berarti lebih tinggi dan inferior lebih rendah, sehingga vena cava superior berada di bagian atas atrium kanan, sedangkan vena cana inferior masuk melalui atrium kanan bagian bawah.

Dari atrium kanan, darah deoksigenasi mengurasi melalui kamar jantung kanan melalui katup atrioventrikular kanan, yang dinamakan tersebut karena organ ini berada diantara atrium dan kamar jantung. Katup ini juga disebut dengan katup trikuspid karena katup ini memiliki 3 lipatan di strukturnya. Ketika kamar jantung berkontraksi, katup atrioventrikular menutup bagian pembuka antara kamar jantung dan atrium sehingga darah tidak mengalir kembali menuju atrium.

Dengan kamar jantung kanan berkontraksi, peristiwa ini memaksa darah deoksigenasi menuju katup semilunar paru, dan masuk ke ateri paru-paru. Semilunar berarti setengah bulan dan sebutan ini mengacu terhadap bentuk dari katup. Perlu dicatat bahwa ini merupakan satu-satunya arteri di dalam tubuh yang mengandung darah deoksigenasi, dengan semua arteri lainnya mengandung darah oksigenasi. Katup semilunar menjaga darah untuk mengalir kembali ke dalam paru-paru kanan setelah ia sudah berada dalam arteri paru-paru. Arteri paru-paru membawa darah yang memiliki kandungan darah yang sangat rendah ke paru-paru, dimana yang akan diubah menjadi darah yang oksigenasi.

Darah yang baru saja menjadi oksigenasi kembali ke jantung melalui pembuluh paru-paru. Perlu dicatat bahwa ini adalah satu-satunya pembuluh di tubuh yang mengandung darah oksigenasi, semua pembuluh yang beroperasi untuk sirkulasi darah manusia mengandung darah deoksigenasi. Pembuluh paru-paru masuk ke atrium kiri. Ketika atrium kiri berada dalam kondisi rileks, darah oksigenasi akan mengurasi menuju kamar jantung kiri melalui katup atrioventrikular kiri. Katup ini juga disebut dengan katup bikuspid karena katup ini hanya memiliki 2 lipatan di strukturnya.

Kini jantung akan benar-benar memompa. Bersama dengan kamar jantung kiri berkontraksi, darah oksigenasi akan dipompa menuju arteri utama dari tubuh yakni aorta. Untuk mencapai aorta, darah melewati katup semilunar aorta, yang berfungsi dalam menjaga darah tetap mengalir dari bagian belakang aorta menuju kamar jantung kiri. Aorta bercabang menuju arteri lainnya, yang lalu bercabang menjadi arteriol yang lebih kecil. Arteriol bertemu dengan kapiler, yang merupakan pembuluh darah dimana oksigen ditukar dengan karbon dioksida.

Masih banyak informasi lebih lanjut mengenai sirkulasi darah manusia di Brandsworld.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s