Informasi dan Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Secara Lengkap

perawatan bayi baru lahir normal secara lengkap

sumber foto: momquery

Semua orang mengetahui bahwa perawatan bayi baru lahir normal secara lengkap perlu dipahami oleh orang tua khususnya orang tua baru, karena bayi yang bari saja dilahirkan membutuhkan perawatan yang spesial. Beberapa bayi mungkin memiliki cairan kuning atau pengerasan kulit di mata atau di kelopak, yang biasannya disebabkan oleh saluran air mata yang masih terhalang. Kondisi ini bisa bertahan dalam beberapa bulan, tetapi jangan terlalu dipikirkan meskipun kondisi ini lebih mengganggu orang tua dibandingkan sang buah hati. Tips penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan mengelap mata bayi dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat atau susu ASI.

Hidung bayi yang sempit cenderung terlihat dipenuhi oleh lendir dari cairan perlu dilakukan pembersihan. Tips penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan hati-hati melepas penyumbat hidung dengan semprotan hidung. Untuk melonggarkan lendir yang ada di hidung, coba gunakan sedikit susu ASI atau larutan garam sebelum melakukan penyedotan. Memang merupakan sesuatu yang menggelisahkan melihat bayi baru lahir memiliki wajah yang merah serta bernoda kotor, tetapi jerawat bayi merupakan kondisi yang umum dan tidak berbahaya. Kondisi ini biasannya muncuk di minggu ke-4 atau ke-5. Tips penanganan yang bisa dicoba adalah dengan membersihkan wajah bayi setiap hari dengan sabun bayi ringan tanpa bahan kimia.

Banyak bayi baru lahir mengalami kondisi kulit kepala bersisik, tetapi kondisi ini biasannya akan hilang dalam beberapa bulan pertama sejalan dengan perkembangan bayi. Tops penanganan untuk kondisi ini adalah dengan membersihkan rambut bayi dengan sampo bayi ringan yang dilakukan tidak lebih dari 3 kali dalam seminggu dan secara perlahan orang tua perlu membersihkan sisik setiap harinya. Untuk pengobatan alami, coba dengan menggosok perlahan campuran dari minyak jojoba, minyak pohon teh dan ekstrak biji jeruk di kulit kepala bayi. Perlu diketahui bahwa tempat denyutan lembut bayi bisa mengagetkan orang tua, tetapi jangan khawatir karena kondisi merupakan kondisi normal.

Beberapa bayi ada yang memiliki warna kulit kekuningan yang disebabkan oleh penyakit kulit semenjak dilahirkan. Kondisi ini biasannya disebabkan oleh penumpukkan bilirubin di dalam sistem bayi baru lahir. Tips perawatan bayi baru lahir normal secara lengkap mengatakan kalau penyakit kuning biasannya akan menghilang sendiri dalam 1 atau 2 minggu. Selain itu, kondisi ini bisa ditangani dengan terapi ringan, yang dimana dokter bayi akan memberikan resepnya.

Orang tua perlu menjaga agar tunggul dari tali pusar tetap kering dan bersih, karena bagian ini akan mengerut dan copot dalam beberapa minggu. Tips penanganan yang bisa dilakukan adalah hindari untuk menutup bagian tali pusar ketika sedang mengganti popok bayi. Akademi Dokter Bayi Amerika Serikat menyarankan orang tua untuk tetap menggunakan mandi sepon pada bayi sampai tali pusarnya copot, tetapi sebagian dokter bayi lainnya percaya bahwa tidak apa-apa memandikan bayi secara normal selama area dari tali pusar dikeringkan secara menyeluruh setelah selesai.

Informasi dan tips lainnya selain perawatan bayi baru lahir normal secara lengkap di merries.co.id.

Advertisements

4 thoughts on “Informasi dan Tips Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Secara Lengkap

  1. Pingback: Mengetahui Apa Saja Perawatan Bayi Baru Lahir Menurut Pandangan Islam | My Blog

  2. Pingback: Yang Perlu Disiapkan Untuk Rencana Penggunaan Popok Bayi Baru Lahir Murah | My Blog

  3. Pingback: Petunjuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Bagian Kepala | My Blog

  4. Pingback: Cari Tahu yang Menyebabkan Bayi Baru Lahir Sering BAB | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s