Yang Perlu Dicermati Ketika Memilih Papan Selancar Anak

papan selancar anak

sumber foto: ebhp

Ini adalah nasihat dari seorang ayah yang sudah memiliki pengalaman berselancar selama 20 tahun ketika ia sedang mencari papan selancar anak perempuannya. Setelah menghabiskan waktu berjam-jam melakukan penelitian di internet dalam memilih papan selancar pertama untuk anaknya, ia menyimpulkan bahwa untuk anak yang berusia di bawah 6 tahun, karena usianya masih sangat belia maka tidak ada gunanya untuk memberikan si kecil papan selancar sesungguhnya, dengan sang anak tidak akan bisa membawanya sepanjang pesisir pantai dan akan menjadi berat ketika berada di air.

Nasihat yang diberikan kepada orang tua yang ingin memberikan anak yang berusia 6 tahun papan selancar adalah untuk bersabar, lalu belikan mereka papan tubuh yang bisa dimainkan dalam shorebreak atau kolam batu. Tidak ada satu pun yang dimiliki oleh papan tubuh yang bisa membahayakan anak. Namun, sang ayah mengaku bahwa anak perempuannya hampir tercekik oleh tali setelah terjadinya dorongan air yang kuat, untuk itu orang tua harus selalu mewaspadai gerakan anaknya.

Ketika anak sudah sedikit tinggi atau menjelang remaja dan sudah terbiasa menghadapi ombak, maka berikan ia papan lembut yang kecil atau yang dikenal juga dengan sebutan foamy. Memilih papan yang ukuran kecil karena ini akan membantu dalam mengetahui apakah sang anak bisa membawa dan mengendalikan papan ini di air. Kelebihan utama dari papan lembut adalah sesuai dengan namanya, papan ini lembut. Sehingga, sulit untuk papan ini membuat anak menjadi terluka. Sirip yang dimiliki oleh papan ini terbuat dari karet sehingga hal ini tidak akan menyebabkan rasa sakit lebih dari sekedar sebuah luka. Jika orang tua terburu-buru dan memutuskan untuk memberikan anak sebuah papan pendek atau foamy yang lebih besar, maka sang anak bisa menjadi takut atau terluka oleh papan selancar ketika mereka sudah berada di air.

Ketika anak sudah remaja dan ia sudah tekun berlatih, maka orang tua bisa mengganti papan lembut miliknya dengan papan selancar sungguhan di musim panas. Tetapi merupakan sesuatu yang penting untuk tidak terburu-buru dan memutuskan untuk mendapatkan papan selancar anak yang khusus dibuat untuk dirinya. Dalam membuat papan selancar ini ada 2 hal yang masih menjadi hal yang penting yakni tingkat keapungan dan stabilitas papan ketika berada di air.

Model papan bernama ikan atau mini-mal akan menjadi pilihan yang bagus sebagai papan selancar untuk pemula, dengan model papan ini memiliki kemampuan untuk menangkap ombak dengan mudah, membelokkan papan dengan mudah jika dibandingkan dengan papan lembut dan mungkin hal yang lebih penting bagi remaja adalah papan ini terlihat keren. Ketika anak mampu menunjukkan kemampuan yang cemerlang di atas air dengan menggunakan papan ini, maka langkah selanjutnya bagi orang tua adalah benar-benar memberikan sang anak papan selancar sungguhan yang lengkap.

Beragam informasi seputar olahraga lainnya seperti papan selancar anak di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s