Mengunjungi Taman Nasional Komodo yang Dimiliki Pulau Komodo Flores

pulau komodo flores

sumber foto: internationaltravellermag

Ketika seseorang menyebutkan Pulau Komodo Flores, maka hal yang biasa ada di pikiran wisatawan adalah mengenai hewan Komodo yang melegenda. Untuk bisa melihat langsung dari dekat kehidupan hewan ini, tempat yang perlu dikunjungi adalah Taman Nasional Komodo. Selain menjadi rumah dari spesies kadal terbesar yang masih hidup di bumi ini, tempat ini juga menawarkan latar belakang yang menegangkan hingga mahkluk yang menakjubkan.

Hewan ini bisa terlihat tidak bergerak di bawah matahari Indonesia yang menyengat, dengan panjang 2 meter dan berat 100 kilogram dengan tampilan seram yang dibungkus oleh kulit longgar yang kasar, dari ujung buntut yang dianggap bisa menjatuhkan kerbau dari posisi berdiri hingga mulutnya yang meneteskan air liur busuk yang berisi bakteri. Komodo sebagai kadal terbesar di Indonesia juga merupakan mahkluk legenda, yang terlihat bagaikan sisa dari kelompok dinosaurus yang terlantar di semuah kepulauan kecil di Samudera Hindia. Banyak cerita muncul mengenai serangan dari hewan ini terhadap setiap orang yang mengunjungi rumah terpencilnya dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi sebenarnya, kejadian penyerangan ini jarang terjadi, tetapi proposi raksasa dan penampilan yang tangguh, telah memberikan mereka sejenis reputasi yang menyeramkan. Untuk tiba di Taman Nasional Komodo, yang perlu dilakukan adalah menyewa perahu dari salah satu pulau terdekat, perahu fery yang beroperasi antara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores sudah tidak lagi berhenti di Desa Komodo. Tetapi mencari perahu ini tidak sesulit seperti kedengarannya.

Ada beberapa pilihan yang bisa diambil, seperti menggunakan perjalanan perahu komersil menuju Komodo yang tersedia dari tempat wisata turis di Lombok dan Bali. Dari Lombok, perjalanan ini memakan waktu selama 4 hari. Namun, kebanyakan orang merencanakan perjalananya ke taman dari dermaga pinggir pantai dari Labuanbajo, di pulau tetangga yakni Pulau Flores. Ada kerumunan dari atap seng yang berkarat pada kaki curam, bukit hijau, membuat dermaga ini tetap mempertahankan daya tarik yang malas dan kumuh. Para nelayan masih berlayar setiap hari untuk memanen ikan di laut sedangkan para istri menjual hasil tangkapannya di jalan utama.

Pulau Rinca berada sekitar 2 jam dari Labuanbajo, dan merupakan pulau kecil yang terkenal karena bisa dikunjungi dalam perjalanan 1 hari. Pulau Komodo Flores masih berada jauh, paling tidak perjalanan sekitar 2 hari dibutuhkan untuk mencapainya dari Labuanbajo. Yang termasuk di dalamnya 1 hari perjalanan ke beberapa pulau yang tidak memiliki penghuni lainnya. Setelah tiba di Pulau Komodo atau Rinca, wisatawan perlu membayar biaya masuk di kantor setempat. Seorang penjaga taman akan membawa wisatawan dalam perjalanan. Jalan singkat selama 2 jam sekitar Rinca sudah bisa membuat wisatawan melihat sejumlah hewan seperti rusa, babi, kerbau dan monyet.

Selain berjalan-jalan di Taman Nasional Komodo, kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah hiking Indonesia di Pulau Komodo. Memang melihat komodo secara langsung merupakan keharusan, tetapi jangan melupakan kegiatan untuk menaklukan Gunung Ara. Meskipun ada kemungkinan tidak akan melihat komodo tetapi, pemandangan 360 derajatnya dari puncak gunung merupakan sesuatu yang luar biasa dan pemandu yang memiliki mata tajam bisa menunjukkan kekauyaan flora dan fauna dalam perjalanan. Perjalanan mendaki ini memakan sekitar 3.5 jam.

Temukan informasi menarik lainnya seputar Pulau Komodo Flores di Super Adventure.

Advertisements

2 thoughts on “Mengunjungi Taman Nasional Komodo yang Dimiliki Pulau Komodo Flores

  1. Pingback: Pesona Keindahan yang Dimiliki Oleh Pulau Karimunjawa Jepara | My Blog

  2. Pingback: Mengenal 4 Air Terjun Terindah di Indonesia | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s