Keindahan Alam Indonesia Kelas Dunia di Pulau Misool

keindahan alam indonesia

sumber foto: indonesia.travel

Pulau Misool berada di daerah terpencil yang bisa dijadikan sebagai persembunyian tropis, pulau yang memiliki keindahan alam Indonesia yang khas ini merupakan satu dari 4 pulau terbesar dari kepulauan Raja Ampat, tempat menyelam yang terkenal secara dunia yang berada di provinsi Papua Barat. Pulau ini terletak di pantai barat dari Pulau Papua utama, secara langsung berbatasan dengan Laut Seram, perairan di daerah ini merupakan jalur lalu lintas yang sesungguhnya untuk berbagai mahkluk laut yang besar termasuk ikan paus.

Air laut yang berwarna pirus sejelas kristal memungkinkan untuk melihat pemandangan spektakuler dari daerah permukaan Misool yang merupakan harta karun berwarna bahkan pemandangan ini terlihat ketika wisatawan masih berada di perahu. Ketika wisatawan terjun ke dalam air, maka penglihatannya terhadap keadaan bawah laut bisa menjangkau dari 10 meter hingga sejauh 30 meter. Taman laut dari Raja Ampat memegang 75% dari semua spesies karang yang dikenal dan ikan hias yang ada di dunia dan meninggikat tingkat tertinggi dari keanekaragaman hayati laut yang ada di planet ini.

Di daratan, keindahan alam Indonesia yang dimiliki Pulau Misool terdapat pada wilayah liar yang merupakan situs yang secara visual paling menakjubkan dan menawan yang ada di Raja Ampat. Pulau ini memiliki hutan lebat dan ketika pertama kali melihatnya banyak wisatawan yang menganggap bahwa daratan pulau ini tidak memiliki hal yang luar biasa melainkan karpet hijau yang tebal yang terbentuk dari hutan lebat dan daerah rawa bakau.

Medan kasar yang ada di daratan pulau sebagian besar merupakan batu kapur, batu berwarna yang membeku berbenturan dengan tajamnya hutan hijau yang tua. Di bagian timur dan barat pulau ini, sebuah labirin yang terbuat dari puncak batu kapur yang merupakan tonjolan tajam yang berasal dari laut biru, yang diukir dan terkikis oleh ombek dan dilapisi oleh tumbuhan yang subur. Pantai-pantai langka yang ada di Pulau Misool memiliki pasir putih murni, yang dihiasi dengan umbaian pohon kelapa yang berada dekat dengan air laut berwarna pirus yang menakjubkan.

Selain keindahan alam Indonesia yang dimilikinya seperti pemandangan panorama yang menakjubkan dan kekayaan kehidupan laut, Pulau Misool juga merupakan tempat tinggal dari situs budaya kuno. Banyak petroglyphs bisa ditemukan di dinding dari gua-gua di sepanjang pulau ini, yang berusia kira-kira 5.000 tahun lalu. Dengan tingkat keanekaragaman hayati laut paling tinggi di bumi dan tempat ini memiliki lebih dari 60 titik menyelam yang bisa dijangkau hanya dalam 1 jam dari tempat penginapan.

Wisatawan sulit untuk membayangkan pemandangan memikat yang bisa mereka lihat ketika sedang berada di bawah laut sekitar Pulau Misool. Menyelam di sekitar kepulauan Raja Ampat bisa dilakukan hampir sepanjang tahun. Istilah musim yang ramai tidak terlalu terasa di pulau ini, dengan tempat menginap satu-satunya yang ada di pulau ini memiliki kapasitas maksimum yang hanya 30 orang. Dari bulan Mei hingga Juli, pulau ini mengalami musim hujan ringan, sedangkan dari bulan Juli sampai September ada kemungkinan hujan lebat turun, tetapi kondisi cuaca ini jarang mengganggu kenikmatan dalam memandangi keindahan alam Indonesia yang dimiliki Pulau Misool.

Advertisements

2 thoughts on “Keindahan Alam Indonesia Kelas Dunia di Pulau Misool

  1. Pingback: Keindahan Alam Laut Indonesia yang Dimiliki Oleh Bunaken | My Blog

  2. Pingback: Gambaran Keindahan Alam Indonesia Gunung Bromo yang Menakjubkan | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s