Raja Ampat Menjadi Pilihan Diving Indonesia December yang Memuaskan

diving indonesia december

sumber foto: indonesia.travel

Terpilih sebagai salah satu tempat liburan terbaik tahun 2013 oleh National Geographic, membuat kepulauan Raja Ampat merupakan tujuan liburan yang tidak hanya cocok untuk diving Indonesia December tetapi juga untuk wisatawan yang menyukai keindahan alam dan juga petualang alam bebas. Kepulauan ini berada di ujung barat laut dari Pulau Papua dan terdiri dari 1.500 pulau-pulau kecil yang unik. Dianggap sebagai surga penyelam karena Raja Ampat memiliki keragaman kehidupan laut yang luas yang akan memukau setiap orang yang menyelam di perairannya.

Kepulauan ini merupakan bagian dari segitiga karang dunia yang diketahui menjadi tempat tinggal lebih dari 3.000 spesies dan habitat luar biasa lannya yang melahirkan keragaman kehidupan laut dan perairannya. Banyak peneliti yang masih melakukan perjalanan ke tempat ini untuk menemukan spesies baru di samudranya. Raja Ampat merupakan lokasi diving Indonesia December yang harus dikunjungi setiap orang, paling tidak satu kali seumur hidup.

Karena lokasinya yang terpencil, membuat Raja Ampat belum tersentuh dari adanya pembangunan dan hanya tersentuh oleh penjelajah yang menyukai kehidupan alam dan wisatawan mandiri yang peduli dan bertanggung jawab dalam perjalannya. Di sini, wisatawan juga bisa bertemu dengan penduduk lokal Papua dan secara langsung berkontribusi dalam kehidupan mereka dan meresapi budaya yang dimiliki oleh penduduk lokal dan juga daerah kepulauan ini.

Dengan Indonesia hanya memiliki 2 musim, yakni musim kemarau dan hujan, maka waktu liburan terbaik adalah selama musim kemarau untuk memaksimalkan penjelajahan bawah laut. Wisatawan disarankan untuk mengunjungi tempat ini dari akhir bulan September hingga awal bulan Juni, di antara bulan Juni hingga September merupakan waktu munculnya musim hujan. Yang dimana akan ada banyak hujan turun, khususnya di sore hari.

Liburan ke Raja Ampat tidak akan lengkap tanpa melakukan aktivitas diving di kepulauan ini yang memiliki lebih dari 30 titik menyelam yang bisa dipilih untuk menikmati keragaman keindahan laut yang luar biasa. Wisatawan bisa menyelam di tempat-tempat yang dipenuhi oleh taman karang atau dinding karang hingga pohon bakau. Beberapa lokasi menyelam yang terkenal di kepulauan ini antara lain Cape Kri, Sardines, Manta Sandy dan Mios Kon. Jika tidak menyukai menyelam, wisatawan juga bisa menikmati keindahan laut kepulauan ini dengan snorkeling. Yang tidak akan mengurangi pengalaman melihat keindahan kehidupan laut di tempat jernih ini.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah menjelajahi berbagai pulau di daerah ini dengan perahu atau mengunjungi surga burung merah atau masuk ke dalam goa kelelawar di Tomolol. Selain itu, wisatawan bisa menjelajahi pulau dengan hiking untuk menemukan air terjun-air terjun yang indah. Perjalanan sekitar desa-desa di Papua untuk melihat seniman-seniman Asmat yang membuat ukiran katu atau teknik memancing mereka atau juga mempelajari pertujnukan tradisional yang menggunakan suling bambu. Wisatawan juga bisa melihat fenomena laut hantu yang terkenal di Waigeo Timur, dimana di setiap akhir tahun akan ada cahaya yang muncul dari samudra dan berjalan-jalan di permukaan selama 15 sebelum cahaya tersebut menghilang.

Temukan banyak pilihan lainnya dari diving Indonesia December di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s