Keindahan Alam Laut Indonesia yang Dimiliki Oleh Bunaken

keindahan alam laut

sumber foto: visitindonesia

Bunaken adalah ikon dari pariwisata dan keindahan alam laut Indonesia di Sulawesi Utara yang berada di segitiga karang yang menjadi tempat tinggal dari 390 spesies karang, 91 spesies ikan, moluska dan mamalia laut serta reptil. Menjadi hal salah untuk dilakukan jika berwisata ke Bunaken tanpa melihat kehidupan dunia bawah laut yang dimilikinya. Apalagi tempat ini dianggap sebagai surganya para penyelam. Dengan menenggelamkan diri ke dalam air, wisatawan akan menjadi terpukai oleh terumbu karang yan eksotis, ikan badut yang lucu, ikan duyung, ikan bidadari yang indah, ikan  anemon, ikan kupu-kupu kuning, ikan zebra, ikan hiu karang dan jika beruntung, wisatawan bisa melihat ikan raja kuno di kedalaman 80 meter dari laut Manado Tua.

Melakukan diving Indonesia di Bunaken akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Meskipun Taman Laut Bunaken memiliki luas daerah sebesar 890.65 kilometer persegi yang terdiri dari 5 pulau, yang diantarannya adalah Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Naen dan Pulau Mantehage. Tetapi wisatawan tidak bisa menjelejahai semua area yang ada di pulau ini karena adanya beberapa daerah yang tidak boleh dimasukki oleh wisatawan. Wisatawan hanya boleh menyelam di 5 pulau yang mengelilingi taman laut tersebut.

Ada 20 tempat menyelam yang ada di tempat yang memiliki keindahan alam laut Indonesia, dengan tempat yang paling dangkal memiliki kedalaman 1 hanya meter dan tempat yang paling dalam memiliki jarak 1.344 meter. Ada daya tarik lebih yang dimiliki tempat ini yakni Tembok Besar Bawah Laut Bunaken. Tembok batu besar ini berdiri secara vertikal dan membelok hingga kejauhan 50 meter. Daerah ini merupakan sumber makanan dari beragam biota laut Bunaken.

Menyelam atau snorkeling sebaiknya dilakukan selama musim kemarau yang terjadi sekitar bulan Mei hingga Agustus. Di musim kemarau dan cuaca yang cerah mebuat keindahan tempat ini tidak ada yang bisa menyembunyikannya. Beberapa tempat menyelam yang ada di dekat Bunaken dan Manado Tua antara lain:

Tembok Lekuan (I,II,III)

Tembok yang panjang di Bunaken ini dibagi dalam 3 tempat, Lekuan I, II, III. Secara keseluruhan, ini merupakan daya tarik paling menarik dari Taman Laut Bunaken. Tembok yang curam ditandai dengan celah-celah dalam, kipas laut dan spons raksasa. Kedalaman tempat ini diisi oleh ikan-ikan. Tembok, yang sering melindungi tempat ini dari ombak yang kencang, sering dikunjungi oleh ikan bayan yang memiliki bejol kepala, kura-kura, dan ikan keling Napoleon.

Mandolin

Tempat ini memiliki guguran puncak karang dan sebuah tembok yang menarik perhatian ratusan ikan seperti kumpulan fusilier, surgeonfish, unicornfish, dan bannerfish. Ikan-ikan ini tidak merasa kaget ketika bertemu dengan penyelam dan ikan-ikan ini mudah untuk didekati.

Bunaken Timor

Ada ombak yang kencang dan jumlah ikan yang banyak di tembok panjang ini. Karang yang dangkal tidak terlihat spektakuler seperti beberapa jenis yang ada di tempat lainnya tetapi ada beberapa hewan laut di tempat ini seperti kura-kura, ikan hiu, ikan pari elang dan ikan besar lainnya yang ada di lautan. Adanya gantungan dan gua kecil menjadi tanda dari tembok di tempat ini.

Cari tahu tempat lainnya yang menjadi keindahan alam laut Indonesia di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

3 thoughts on “Keindahan Alam Laut Indonesia yang Dimiliki Oleh Bunaken

  1. Pingback: Nikmati Keindahan Alam Laut Indonesia di Pulau Tunda | My Blog

  2. Pingback: Cerita Indahnya Alam Indonesia yang Dimiliki Oleh Taman Laut Bunaken | My Blog

  3. Pingback: Tempat-Tempat yang Bisa Dikunjungi Untuk Melihat Keindahan Biota Laut Indonesia | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s