Tips Melakukan Diving Indonesia Untuk Pemula

diving indonesia

sumber foto: rajaampatecotour

Letak bawah laut Indonesia berlokasi di jantung dari kawasan coral Triangle dan menjadi tempat tinggal dari sekitar 18 persen terumbu karang yang di dunia. Untuk orang Indonesia, ini berarti 1 hal, ia perlu melihat keindahan yang dimiliki oleh kehidupan perairan negaranya. Karena kalau tidak, bagaikan jika seseorang diberikan mobil Ferrari secara gratis tetapi tidak mengetahui cara mengemudikannya. Melakukan diving Indonesia merupakan aktivitas yang sangat direkomendasikan. Selain tips melakukan diving yang biasa seperti mengenai perlengkapan, jangan pernah menyelam sendirian, jangan pernah menahan nafas, berikut ini adalah adalah beberap tips pemula untuk melakukan diving yang sesungguhnya.

  1. Menemukan operator menyelam yang memiliki reputasi

Ini merupakan hal yang paling penting dalam daftar sebelum melakukan diving Indonesia. Menjelajahi di internet secara perlahan dan membaca komentar berbagai pengguna menggenai operator yang mereka sewa. Buku petunjuk perjalanan yang bisa dipercaya biasanya memberikan beberapa rekomendasi operator yang bisa dipilih.

  1. Mengenal tempat diving Indonesia

Setelah itu, penyelam pemula perlu mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari tempat diving Indonesia yang akan mereka kunjungi. Informasi yang dikumpulkan bisa berbagai hal dari apa kekuatan ombaknya, bentang laut (lereng berpasir, tembok, dan sebagainya), suhu air, kehidupan perairannya, waktu terbaik untuk menyelam dan masih banyak lagi.

  1. Memperkaya pengetahuan mengenai terumbu karang

Kebanyakan dari karang yang ada di Indonesia berkondisi sangat kaya dan penuh warna, tetapi terumbu-terumbu karang ini juga sangat rapuh. Perkaya pengetahuan mengenai terumbu karang, khususnya mengenai fakta kenapa mereka bisa hidup, bernapas, hewan-hewan yang bisa dengan mudah mengalami kerusakan bahkan dengan sentuhan kecil dari jari, apalagi pukulan tidak sengaja yang dilakukan oleh sirip dari seragam menyelam.

  1. Kuasai kemampuan sebelum mengambil foto

Paling tidak, penyelam sudah harus terlebih dahulu menguasai kemampuan pengendalian daya apung sebelum ia berpikir untuk menggunakan kamera bawah air.

  1. Memeriksa kedalaman sesering mungkin

Tempat diving Indonesia yang terbaik, terutama yang berada di kawasan timur, diberkahi oleh kemampuan untuk melihat kedalaman air dengan sangat baik dan sinar matahari yang bisa masuk ke kedalaman dari samudra. Memang merupakan hal yang mudah untuk terpesona, berpikir bahwa penyelam masih berada di tempat yang dangkal meskipun dalam faktanya ia mungkin sudah berada di tempat yang terlalu dalam. Oleh karena itu, penyelam diminta untuk memeriksa kedalaman sesering mungkin. Untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti tenggelam, terbawa arus, memasuki kawasan berbahaya dan lainnya.

Dapatkan berbagai tips lainnya mengenai diving Indonesia di Aswirman.

Advertisements

3 thoughts on “Tips Melakukan Diving Indonesia Untuk Pemula

  1. Pingback: Keunikan Melakukan Penjelajahan Alam di Hutan Monyet Ubud | My Blog

  2. Pingback: Pulau Komodo Termasuk Dalam Diving Indonesia Map Pilihan | My Blog

  3. Pingback: Nikmati Keindahan Alam Laut Indonesia di Pulau Tunda | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s