Petunjuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Bagian Kepala

bayi baru lahir normal

sumber foto: newkidscenter

Untuk orang tua baru yang masih bingung  mengenai cara merawat bayi baru lahir normal mereka, berikut ini adalah petunjuk supaya semakin merasa terbiasa dengan rutinitas yang harus dilakukan dan kegiatan yang bisa membuat buah hati menjadi unik, normal dan yang paling berharga di dunia. Dalam menjalani hari pertama di rumah, orang tua baru mungkin merasa heran ketika si kecil bisa berubah dengan cepat dari mahkluk yang indah, sunyi dan sempurna ketika di rumah sakit menjadi bayi yang memiliki banyak permintaan dan sering menangis ketika baru tiba di rumah.

Hal ini memang sudah diketahui kebenarannya, bahwa bayi baru lahir akan menjadi lebih terjaga dan lebih lapar 24-48 jam setelah dilahirkan. Beberapa hari pertama merupakan penyesuaian besar untuk bayi dan orang tua baru. Masa ini bisa menjadi waktu yang sulit tetapi masa ini juga merupakan waktu untuk benar-benar merasa tenang dan mulai membiasakan diri satu sama lain. Orang tua baru akan mengetahui bahwa buah hatinya suka digendong. Bayi akan merasa nyaman jika disentuh dengan perlahan dipegang dengan yakin dan lebih memilih untuk dibungkus dengan nyaman dalam selimut ringan dan dibedong.

Orang tua baru perlu menyadari bahwa bayi memiliki keanehan tersendiri. Si kecil mungkin saja bersendawa, bersin, muntah, kentut, menampilkan ekspresi wajah unik, mengorok dan menjulinkan matanya dalam kegiatan sehari-harinya. Tetapi semua ini merupakan hal yang normal bagi mereka. Kepala mereka dalam suatu waktu berwarna merah dan mereka bisa mengeluarkan suara aneh dalam proses pembuangan kotoran dan hal ini tidak akan berarti bahwa buah hati mengalami sembelit.

Kepala bayi mungkin sedang menjalani sejumlah pencetakan selama proses persalinan. Sehingga bentuknya mungkin terlihat sedikit miring dan memiliki sejumlah luka. Tulang kepalanya mungkin juga tumpang tindih sedeikit. Semua ini merupakan hal yang normal dan lama kelamaan akan menghilang dalam beberapa hari. Semua bayi memiliki titik lunak dimana merupakan tempat pertemuan tulang-tulang wajah. Yang paling lunak ada di ujung kepala bagian depan. Area ini mungkin terasa berdenyut, yang merupakan seseuatu yang biasa. Area ini bukan merupakan area yang lembut dan kemungkinan perlu dibersihkan secara menyeluruh.

Mata bayi mungkin memeiliki beberapa pembengkakakn atau adanya pembuangan di hari pertama atau kedua setelah kelahiran akibat iritasi dari obat antibiotik yang ditempatkan di mata pada saat persalinan untuk mencegah infeksi. Pembuangan apa pun perlu dibersihkan dengan air dan kain lap yang kering. Jika kotoran ini tidak menghilang dalam beberapa hari, maka orang tua bisa menghubungi dokter anaknya. Banyak bayi baru lahir normal memiliki saluran air mata yang tidak berfungsi dengan baik dalam beberapa bulan usiannya.

Bayi-bayi ini mengumpulkan lendir di matanya sampai saluran air mata mulai mengalir. Perlu diketahui bahwa kejadian ini bukanlah suatu infeksi. Cara penangannya melibatkan untuk menjaga mata dibasuh dengan air hangat dan memijat saluran air mata. Setelah beberapa hari pertama, buah hati akan mulai lebih membuka matanya dan melihat sekeliling. Si kecil belum bisa berkonsentrasi dengan baik atau mengikuti benda yang bergerak. tetapi mereka bisa melihatnya dari jarak yang dekat dan mereka menyukai warna-warna yang indah.

Simak berbagai petunjuk lainnya seperti untuk bayi baru lahir normal di Merries.co.id.

Advertisements

One thought on “Petunjuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Bagian Kepala

  1. Pingback: Panduan Dasar Dalam Cara Merawat Bayi Baru Lahir | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s