Panduan Dasar Dalam Cara Merawat Bayi Baru Lahir

cara merawat bayi baru lahir

sumber foto: ageofinnovation

Untuk orang tua baru, menjalani rutinitas cara merawat bayi baru lahir merupakan hal yang paling sederhana dan paling sulit yang pernah dilakukan dalam hidupnya. Buah hati yang masih belum tahu banyak dan hanya bisa menangis dan berteriak. Ia secara penuh bergantung pada ibu dan pasangannya untuk segala hal. Rasa tanggung jawab ini, khususnya setelah beberapa tahun telah mengurusi diri sendiri, bisa terasa berlebihan. Nasihat pertama adalah bernapas dan dilanjutkan dengan rileks. Karena bayi bisa mengetahui ketika orang tuanya tegang dan cemas. Dengan orang tua menunjukkan kecemasan membuat bayi tidak bisa santai atau rileks.

Dalam merawat bayi, pertama-tama, ketahui bahwa bayi akan tidur pada kebanyakan waktu. Bayi baru lahir umumnya beristirahat hingga 20 jam per hari di beberapa minggu pertama. Sayangnya, waktu istirahatnya ini tidak berlangsung lama. Oleh karena itu buah hati membutuhkan diberi makan cukup sering. Perutnya yang kecil dan kebutuhan nutrisi yang bisa menjadi penyebabnya. Hal ini terasa bagaikan sang ibu menghabiskan sepanjang jam setiap hari dengan payudara atau botol di mulut bayi, tetapi ini bukan sesuatu yang tidak bisasa.

Alasan utama kenapa bayi baru lahir menangis adalah karena rasa laparnya. Jika bayi tidak lapar, maka orang tua perlu memeriksa popok yang dikenakannya. Jika hal tersebut bukan menjadi alasan kenapa ia menangis maka orang tua bisa mencoba untuk membedongnya, dengan membungkus sang buah hati dengan rapat dalam selimut lembut. Bayi baru lahir terbiasa dengan batasan yang ketat seperti berada di janin, maka ketika bayi sudah berada di dunia dengan tangan dan kakinya sering bergerak, bisa menjadi sesuatu yang menyeramkan. Menggendong bayi dan mengajaknya jalan-jalan, menempatkannya di posisi menyilang atau dalam posisi terlentang di bagian depan yang menggendongnya, atau jika semua cara ini masih belum berhasil, coba untuk menempatkannya di kursi mobil khusus bayi dan mengajaknya untuk berkeliling sekitar.

Itulah pilihan dari cara merawat bayi baru lahir untuk orang tua dalam menenangkan si kecil yang sedang menangis. Setelah bayi diberi makan dan menangis, hal baru lainnya yang akan menjadi kebiasaan orang tua adalah memandikan buah hatinya. Sampai tali pusar bayi copot, hanya gunakan kain lap hangat untuk mengelap wajah dan daerah lainnya seperti bokong dan tangan. Ketika waktu untuk pertama kali memandikannya, isi bak atau ember dengan 1 atau 2 inchi bersama beberapa tetes dari sabun bayi.

Pastikan bahwa orang tua sudah memiliki semua yang dibutuhkan sebelum ia melepaskan pakaian buah hatinya. Perlengkapan yang perlu disiapkan antara lain, sabun, shampo, kain lap dan handuk. Menggendong bayi dengan satu tangan, lalu secara perlahan menurunkan bayi ke air dan menggunakan tangan satunya lagi untuk membasahkan kain lap dan mulai secara lembut mengelap si kecil. Jangan pernah melepaskan atau meninggalkan bayi tanpa pegangan atau pengawasan ketika ia berada di air.

Orang tua bisa menggunakan kain lap untuk membersihkan rambut buah hati. Lebih bagus lagi jika mendapatkan bantuan dalam memandikan bayi. Satu orang menggendong dan satu orang lagi membersihkan bayi, tetapi melakukannya seorang diri masih bisa dilakukan. Ketika sudah selesai, keluarkan bayi dari bak dan terlentangkan si kecil di atas handuk. Bungkus bayi dengan aman menggunakan handuk dan lepaskan untuk memasangkan popok bayi dan mengenakan pakaiannya.

Masih banyak sejumlah panduan dalam cara merawat bayi baru lahir di Merries.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s