Menyimak Panduan Untuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal di Rumah

perawatan bayi baru lahir normal di rumah

sumber foto: ageofinnovation

Setelah berhasil melewati masa kehamilan yang berlangsung selama 9 bulan, tugas ibu belum selesai karena ia langsung dihadapkan dengan tugas perawatan bayi baru lahir normal di rumah. Karena kondisi ibu setelah melahirkan masih belum bugar maka tidak masalah jika meminta bantuan untuk menjalani tugas ini. Untuk perawatan di rumah, ibu bayi bisa mendapatkan bantuan dengan menyewa perawat bayi atau meminta bantuan dari anggota keluarga yang sudah berpengalaman lebih khususnya dari nenek bayi.

Untuk ibu bayi yang belum banyak menghabiskan waktunya bersama si kecil, kondisi bayi yang masih rapuh mungkin sedikit mengintimidasi. Tetapi ada beberapa hal dasar yang bisa dilakukan. Seperti, mencuci tangan sebelum memegang bayi. Buah hati yang baru lahir umumnya belum memiliki sistem imun yang kuat, sehingga mereka rentan terhadap infeksi. Pastikan bahwa setiap orang yang akan memegang bayi memiliki kedua tangan yang sudah dibersihkan.

Panduan dasar selanjutnya adalah hati-hati dalam memegang kepala dan leher bayi. Membuai kepala bayi ketika menggendongnya dan memberi dukungan kepalanya ketika menggendong bayi dalam posisi berdiri atau ketika ingin membaringkan bayi. Orang tua perlu hati-hati untuk tidak menggoyangkan buah hati, entah itu sedang bermain atau sedang merasa frustasi. Menggoyang-goyangkan bayi secara kasar bisa menyebabkan pendarahan di otak dan bahkan kematian. Jika memerlukan untuk membangun bayi baru lahir, jangan melakukannya dengan menggoyang buah hati, melainkan dengan menggelitik kaki bayi atau secara perlahan mengembus pipinya.

Panduan dasar berikutnya adalah pastikan bayi dikencangkan dengan benar ke dorongan, kursi mobil, dan lainnya. Batasi segala aktivitas yang masih terasa terlalu keras atau berguncang baginya. Perlu diingat bahwa bayi baru lahir belum siap untuk permainan kasar seperti menggoyang-goyangkan lututnya atau dilempar di udara. Ikatan antara orang tua dan buah hati, bisa dibilang menjadi salah satu aspek paling menyenangkan dalam perawatan bayi baru lahir normal di rumah.

Karena proses ikatan orang tua dan bayi terjadi dalam waktu yang sensitif di jam-jam pertama dan hari-hari pertama setelah kelahiran ketika orang tua menumbuhkan koneksi yang dalam dengan buah hatinya. Kedekatan fisik bisa meningkatkan koneksi emosional. Untuk bayi baru lahir, kasih sayang berkontribusi terhadap pertumbuhan emosinya, yang juga mempengaruhi perkembangan bayi di area-area lain seperti pertumbuhan fisik. Cara lain dalam memperkuat ikatan adalah jatuh cinta kepada bayi.

Anak bisa berkembang dari memiliki orang tua atau orang dewasa di kehidupannya yang sangat menyayanginya. Mulai ikatan dengan menggendong bayi dan secara perlahan mengelus-elusnya dalam pola yang berbeda. Ibu bayi dan suami juga bisa menggunakan kesempatan meningkatkan ikatan dengan menyentuh bayi dari kulit-ke-kulit, menggondong bayi baru lahir menyentuh kulit orang tua ketika memberi makan dan sebagainya.

Temukan berbagai petunjuk lain seperti perawatan bayi baru lahir normal di rumah lewat Merries Indonesia.

Advertisements

3 thoughts on “Menyimak Panduan Untuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal di Rumah

  1. Pingback: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Murah yang Penting Untuk Kesehatannya | My Blog

  2. Pingback: Penjelasan Baik dan Buruk Dari Kalender Kehamilan Usia 30an | My Blog

  3. Pingback: Petunjuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Bagian Kepala | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s