Pilihan Makanan yang Bisa Memperbaiki Kesehatan Mata Minus

kesehatan mata minus

sumber foto: intelligentnest

Penglihatan merupakan salah satu indra manusia yang paling berharga, untuk itu ketika seseorang disarankan untuk mengenakan kacamata maka ia perlu mencari cara untuk memperbaiki kesehatan mata minus dirinya. Sayangnya, untuk kebanyakan orang, ini merupakan kondisi yang sangat rentan untuk diturunkan. Di Amerika Serikat saja, hampir 7 miliar dillar dihabiskan untuk menyembuhkan katarak, yang mengakibatkan sekitar 22 juta warga Amerika yang usianya sudah melewati 40 tahun.

Diperkirakan sekitar 75 persen dari orang dewasa memerlukan sejenis lensa korektif dan sekitar 64 persen mengenakan kacamata, dengan 11 persen lainnya mengenakan kontak lensa. Sekitar 1/3 dari populasi dunia menderita rabun dekat, sedangkan sekitar 60 persen populasi menderita rabun jauh. Meskipun saat ini sudah bisa melakukan transplantasi jantung, tetapi belum ada teknologi yang mampu melindungi salah satu indra manusia paling penting yakni penglihatan. Dengan pola makanan sehat memiliki kekuatan terhadap kesehatan manusia, maka di bawah ini adalah makanan yang disebut bisa memperbaiki penglihatan.

  1. Kuning telur

Degenerasi makula terkait usia merupakan penyebab utama dari penyebab kehilangan penglihatan untuk orang-orang yang berusia lebih dari 65 tahun, namun dengan memakan kuning telur dipercaya bisa membantu untuk memperlambat proses ini. Untuk alasan yang beragam, proses penurunan ini bisa mempengaruhi makula, area kecil yang bagian belakang mata, yang secara tidak sadar mampu merusak penglihatan. Dengan kuning telur mengandung lutein, yakni pigmen kuning anti oksidan yang tergolong dalam kelas senyawa bernama karotnoid. Lutein dan senyawa serupa lainnya bernama zeaxanthin secara selektif mengumpul di makula dari rertina, mengais radikal bebas dan berfungsi sebagai penyaring langut biru.

Beberapa ahli menyarankan bahwa manusia membutuhkan sekitar 6 miligram dari antioksidan di dalam kuning telur per hari. Satu kuning telur memiliki sekitar 0.25 miligram dari lutein, dan bisa bertambah jika tidak dimasak. Juga, tubuh bisa menyerap lutein yang ada di kuning telur lebih mudah dari pada dari kandungan ini yang ditemukan pada sayuran atau buah-buahan. Mengonsumsi lutein dengan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membantu pencernaan.

  1. Bayam

Sayuran hijau yang lezat ini memiliki kandungan lutein yang banyak, oleh karena itu, bahan ini bisa bekerja ajaib untuk mata. Memakan sayuran ini secara mentah merupakan metode terbaik, dengan memanaskan bayam diketahui mampu merusak sejumlah antioksidan. Makula, lutein, dan zeaxathin, dianggap sebagai pigemen makula. Pigmen ini telah terbukti mampu mengurangi resiko dari makular keturunan yang berhubungan dengan usia dan juga kemungkinan berperan untuk memiliki peran dalam gejala katarak yang berhubungan usia. Kale, brokoli, selada romaine, kacang polong, kubis Brussel, zucchini dan sayuran lainnya meruapakan pilihan sayuran yang memiliki kandungan tinggi dari lutein, yang mengandung manfaat untuk memperbaiki kesehatan mata minus.

Dapatkan informasi lainnya mengenai kesehatan mata minus di Brand’s Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s