Mengetahui Dasar Pemeriksaan Kesehatan Mata Anak

kesehatan mata anak

sumber foto: aetna

Merupakan hal yang sulit untuk diketahui apakah atau kapan kesehatan mata anak perlu diperiksa oleh dokter. Tetapi banyak ahli yang setuju bahwa pemeriksaan mata bisa dilakukan ketika kunjungan rutin ke rumah sakit untuk membantu melindungi penglihatan anak dan mendapatkan informasi yang berguna mengenai kesehatan kedua mata si kecil. Awal mula dari perawatan kesehatan kedua mata anak dimulai semenjat perawatan bayi baru lahir dan harus dilanjutkan selama masa kanak-kanaknya.

Untuk kebanyakan anak, pemeriksaan oleh dokter anak mungkin terasa cukup. Tetapi jika seorang anak memiliki sejarah di keluarga mengenai masalah penglihatan atau mata atau mengalami gejala, maka ia perlu untuk melakukan pemeriksaan mata secara resmi. Meskipun ketika tidak ada faktor resiko atau sejarah keluarga mengenai masalah mata, anak perlu untuk penglihatannya diperiksa pada usia 6 bulan, 3 tahun dan sebelum ia masuk kelas 1 SD.

Anak disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata sebelum ia masuk sekolah. Bahkan jika dokter anak tidak melihat adanya masalah tetapi mungkin ada tanda lain yang dimana anak memerlukan pemeriksaan secara menyeluruh dari kedua matanya. Menurut sebuah penelitian, gejala-gejala dari masalah penglihatan yang mungkin dimiliki oleh anak diantaranya, buruknya performa di sekolah, tidak memiliki keinginan untuk pergi sekolah, sulit untuk memberikan perhatian, mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis, kesulitan melihat informasi di papan tulis, penglihatan yang kabur atau ganda, sekit mata atau kepala atau memakan waktu yang lebih lama dari biasannya dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Menurut sebuah penelitian, memasukan pemeriksaan mata sebagai bagian dari pemeriksaan tahunan bisa menjadi sesuatu yang tidak semua anak butuhkan. Namun, jika anak memiliki gejala apa pun dari masalah penglihatan atau memiliki anggota keluarga yang mengenakan kacamata, maka ia mungkin perlu untuk mengunjungi dokter mata dalam melakukan pemeriksaan mata secara profesional. Yang dilakukan dalam pemeriksaan mata antara lain, menginspeksi mata. Dokter mata anak akan memeriksa mata dan kelopak mata, pemeriksaan ini melihat beragam gerakan otot mata dan memeriksa pupil dan refleksi dari cahaya dari bagian belakang matanya.

Oftalmoskop merupakan pemeriksaan yang dilakukan pada anak yang sedikit berusia lanjut, dengan dokter mata profesional akan memeriksa bagian belakang matanya. Pemeriksaan selanjutnya adalah pantulan kornea terhadap cahaya. Dengan menggunakan senter kecil, dokter mata anak akan melihat titik-titik dimana cahaya dipancarkan dari bagian depan permukaan mata yang disebut dengan kornea. Cahaya yang dipantulkan seharusnya berada dalam fokus yang tajam dan berada di tengah-tengah kedua pupil mata. Hasil pemeriksaan ini dinyatakan tidak normal ketika pantulan cahaya di kornea tidak jernih dan jelas atau tidak berada di pusat atau bagian tengah.

Pemeriksaan ditutupi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya ketidak sejajaran dari kedua mata. Ketika mata anak berkonsentrasi pada target, dokter akan menutup salah satu dari mata secara bergantian untuk mencari adanya pergeseran di mata. Pemeriksaan terakhir adalah pemeriksaan ketajaman penglihatan sesuai usia. Menggunakan grafik mata, pemeriksa akan bertanya kepada anak untuk membaca sejumlah garis dari karakter. Ini merupakan pemeriksaan penting dari kesehatan mata anak yang dilakukan secara bergantian dari kedua mata.

Simak informasi lain yang berhubungan dengan kesehatan mata anak di Brandsworld.co.id.

Advertisements

One thought on “Mengetahui Dasar Pemeriksaan Kesehatan Mata Anak

  1. Pingback: Pilihan Makanan yang Bisa Memperbaiki Kesehatan Mata Minus | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s