Yang Terjadi Dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan Setengah Lebih

perkembangan bayi 3 bulan setengah lebih

sumber foto: atplayphoto

Orang tua bisa sedikit merasa lega ketika buah hatinya memasuki perkembangan bayi 3 bulan setengah lebih, karena pola tidur si kecil mulai teratur, sehingga waktu istirahat orang tua bisa sedikit bertambah. Banyak bayi usia 4 bulanan tidur sepanjang 6 jam di malam hari, meskipun ada sebagian bayi yang masih akan bangun untuk meminta makan. Ada juga sebagian bayi yang hingga usia 6 bulan atau lebih bisa tidur sepanjang malam, tetapi orang tua jangan terlalu banyak berharap. Dua kali tidur siang sudah mulai terbiasa bagi si kecil.

Di siang hari, bayi mulai memiliki ketertarikan mengenai dunia yang ada di sekitarnya, dengan ia akan melihat segala sesuatu dengan rasa penasaran, bahkan ia juga terlihat terkesan ketika melihat cermin dirinya sendiri. Tempatkan cermin yang tidak bisa dipecahkan di dekatnya atau tempatkannya duduk di depan cermin ketika orang tua sedang bersiap-siap. Bayi tidak akan menyadari bahwa yang ia lihat di cermin adalah dirinya sendiri, ia akan mulai menyadarinya ketika ia memasuki usia 2 bulan.

Buah hati akan suka menatap cerminan dirinya sendiri atau orang lain dan ia mungkin merasa senang dengan tersenyum gembira melihat cerminan ini. Bayi mungkin mulai berhenti mengisap ibu jarinya atau botol hanya untuk berkonsentrasi mendengarkan suara orang tuannya. Dengan berdekut atau mengeluarkan suara-suara aneh kepada si kecil dan dengan menjelaskan bahkan mengenai pekerjaan rumah yang sederhana, orang tua tidak hanya mempererat ikatan dengan bayi tetapi ia juga mendorong bayi untuk mengekspresikan dirinya, orang tua bisa menunggu dan melihat apakah buah hati mau menjawab suara yang dikeluarkan orang tuannya.

Dalam perkembangan bayi 3 bulan setengah lebih, buah hati juga menjadi semakin bersemangat dan terlibat, bahkan dengan orang lain, dengan mengeluarkan senyuman, berdekut, dan bunyian lainnya. Suasana menyenangkan akan benar-benar dimulai ketika si kecil sudah mulai tertawa. Ketika orang tua sedang berada dengan teman, tempatkan bayi di sampingnya sehingga ia bisa mendengarkan interaksi sesama manusia yang kaya. Ia juga akan menikmati dalam menyaksikan perilaku bayi, anak kecil dan binatang peliharan tetapi orang tua perlu mengawasi bayinya, karena ia belum mengerti mengenai peraturan keselamatan.

Segala hal yang berada dalam jangkauan bayi siap dikuasainya. Dengan ia masih menyempurnakan kemampuan dalam memegang benda, orang tua bisa memberikan sesuatu yang bisa dipeganggnya, kerincingan ringan yang mudah dipegang, sebuah lingkaran plastik atau karet untuk dipegang dengan kedua tangannya, mainan yang bercicit atau boneka-boneka binatang yang lembut. Buah hati akan bisa mulai untuk mengandalkan satu tangan untuk sementara waktu dan kemudian ia akan menggunakan tangan satunya lagi tetapi orang tua masih belum bisa mengeahui apakah anaknya akan menjadikan tangan kanan sebagai tangan andalannya atau apakah ia merupakan tipe orang kidal atau menggunakan tangan kiri sebagai tangan utamanya.

Simak penjelasan petunjuk lainnya seputar perkembangan bayi 3 bulan setengah lebih di Merries Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s