Cara Sederhana Untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat

gaya hidup sehat

sumber foto: goodbyedoctor

Istilah mengenai gaya hidup sehat telah banyak diutarakan, meskipun ada sejumlah orang yang merasa lelah mendengar istilah ini, tetapi masalahnya adalah istilah ini menggambarkan kehidupan yang perlu dijalankan jika ingin mendapatkan bentuk tubuh terbaik, bentuk yang membuat diri kita terlihat bagus dan merasa baik. Jadi apa sebenarnya arti dari istilah tersebut? Ada beberapa hal nyata yang menggambarkan seorang yang sehat, ia tidak merokok, memiliki berat badan ideal, memakan makanan sehat dan melakukan olahraga secara rutin.

Gambaran tersebut terdengar sederhana, tetapi kenyataanya banyak orang yang merasa sulit untuk melakukan semua hal tersebut pada zaman sekarang. Berita bagusnya adalah tidak perlu melakukan perubahan pada segala hal di saat yang bersamaan. Bahkan, kunci untuk mendapatkan gaya hidup yang menyehatkan adalah membuat perubahan-perubahan kecil. Melakukan perubahan bertahap setiap harinya, menambahkan buah-buahan ke dalam sereal, meminum 1 gelas tambahan air putih atau mengatakan tidak ketika ditawarkan makanan yang tidak menyehatkan.

Salah satu alasan terbesar seseorang mengalami masalah berat badan akhir-akhir ini adalah karena kebanyakan orang menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi duduk. Sudah banyak diketahui bahwa manusia perlu berolahraga, tetapi banyak alasan dimiliki untuk tidak melakukannya. Terlalu sibuk, tidak tahu dimana memulainya, tidak termotivasi, takut mengalami cedera atau takut bahwa olahraga harus berjalan keras yang dimana tidak mampu dipenuhi oleh tubuh. Kenyataanya adalah segala hal masuk hitungan dan semakin banyak bergerak, maka akan semakin sehat tubuh.

Merupakan sesuatu yang bagus jika seseorang menyisakan waktunya untuk berolahraga, berarti ia mengeluarkan keringat, beraktivitas dalam jangkauan target detak jantung dan atau melakukan sesuatu yang mampu menguatkan tubuh. Tetapi aktivitas berolahraga tidak semuanya harus seperti itu, aktivitas ringan seperti mengerjakan pekerjaan membersihkan rumah, merapikan taman dan berjalan saja sudah bisa membuat perbedaan dalam tubuh. Manfaat-manfaat dengan menggerakan tubuh antara lain, mengurangi resiko sakit jantung, stoke, dan diabetes, meningkat ketahanan sendi, meingkaykan dan memperbaiki jangkauan bergerak, membantu dalam mempertahankan kelenturan, mempertahankan massa tulang dan lainnya.

Jadi, bahkan jika memilih untuk melakukan perubahan kecil dan cara menurunkan berat badan yang lebih sederhana, seseorang bisa melihat hasilnya masih cukup bagus. Sebuah penelitian menemukan bahwa hanya 10% dari penurunan berat telah membantu pasien obesitas untuk menurunkan tekanan darah, kolesterol dan meningkatkan umur panjang. Faktanya, seseorang tidak harus bertujuan untuk menurunkan berat badan, khsusnya jika seseorang memiliki masalah untuk menjalankan sebuah program.

Cara-cara sederhana untuk menggerakan tubuh, seseorang bisa memulai proses menjalani gaya hidup sehat dan pengurangan berat badan saat ini dengan menambahkan sedikit lebih banyak aktivitas. Salah satu caranya adalah mematikan TV, seminggu sekali matikan TV dan lakukan sesuatu yang sedikit membutuhkan aktivitas fisik bersama keluarga. Bermain permainan, berjalan ke taman, atau hampir segala hal yang akan membuat seseorang menjadi sekit aktif dibandingkan dengan duduk bermalas di sofa.

Cari tahu lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat di Brand’s Indonesia.

Advertisements

One thought on “Cara Sederhana Untuk Menjalani Gaya Hidup Sehat

  1. Pingback: Menyimak Kebiasaan Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s