Daya Tarik yang Dimiliki Karimunjawa Dalam Keindahan Lautan Indonesia

keindahan lautan indonesia

sumber foto: karimunjawa-islands

Selain kekayaan warisan budaya dan istana di Yogyakarta dan Surakarta, provinsi Jawa Tengah juga memiliki kebanggan dalam keindahan lautan Indonesia dan bentang alam yang membuat provinsi ini mendapatkan julukan Jawadwipa atau tanah yang makmur. Salah satu dari banyaknya lokasi pariwisata yang membanggakan keindahan alamnya di provinsinya adalah Taman Nasional Karimunjawa, yang berlokasi di luar garis pantai utara. Lokasi ini dinobatkan sebagai taman nasional pada tahun 1988, dengan kepulauan ini terdiri dari 27 pulau kecil.

Ada beberapa tempat menarik untuk menjelajah pulau dan mencoba olahraga air, seperti snorkeling dan diving Indonesia. Tempat-tempat untuk snorkeling tersedia di hampir semua pulau di taman nasional ini, sedangkan tempat menyelam bangkai kapal bisa ditemukan di sekitar Pulau Kemojan mungkin bisa memenuhi keinginan wisatawan untuk berpetualang di bawah laut. Jika wisatawan tidak tertarik untuk mencoba olahraga air, Karimunjawa menyediakan lounge di pantai yang membuat mereka bisa mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkan ketika berjemur.

Sekitar 1 jam perjalanan perahu dari Pulau Karimunjawa, wisatawan akan menemukan Gosong, 5×8 meter beting yang berada di tengah-tengah laut yang hanya muncul ketika kondisi air sedang surut. Air jernih yang mengelilingi beting membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan mengabadikan pemandangan dari keindahan lautan Indonesia yang dimiliki oleh tempat ini. Beberapa menit perjalanan perahu dari beting bisa terlihat Pulau Cemara Kecil yang merupakan tempat yang bagus untuk berjalan di sepanjang pasir pantai putih yang asli atau mencoba snorkeling di sekitar dermaga.

Ketika wisatawan berada di daerah pulau tersebut, ia bisa mencoba untuk berenang bersama ikan hiu koral karang di Pulau Menjangan Besar. Mendengar nama ikan hiu memang sudah bisa membuat orang menjadi takut karena penggambaran yang sering terlihat di film tetapi kadang kala binatang laut ini hanya akan berbahaya jika mereka dipancing. Taman nasional ini juga memiliki tempat perlindingan yang dikhususkan untuk melindungi penyu laut.

Meskipun wisatawan mungkin sudah merasa setelah melakukan segala aktivitas alam yang tersedia, pulau ini memiliki atmosfir yang santai. Para turis bisa menginap di rumah tinggal yang dimiliki dan dijalankan oleh warga lokal atau di akomodasi Karimunjawa bergaya resort. Di siang hari, pulau terasa sunyi dengan para turis memilih untuk menjelajah pulau-pulau dan para nelayan menjalankan tuganya di laut untuk menangkap ikan. Kemeriahan kehidupan di pulau dimulai kembali di malam hari ketika para turis dan nelayan kembali ke darat.

Listrik pulau hanya dinyalakan dari jam 6 malam hingga jam 6 pagi, sehingga wisatawan yang ingin mengunjungi Karimunjawa disarankan untuk mengisi ulang baterai dari alat elektroniknya di malam hari. Toko-toko suvenir hanya buka di malam hari. Untuk mengunjungi suatu tempat, wisatawan bisa menyewa motor atau mobil atau menggunakan jasa becak. Pulau ini tidak memiliki banyak tempat makan, hal ini merupakan alasan kenapa menginap di rumah tinggal merupakan pilihan yang bagus karena pemiliknya bisa menyajikan makanan untuk pelangganya. Waktu terbaik untuk mengunjungi kepulauan ini adalah saat musim kemarau, yakni dari bulan April hingga Oktober.

Temukan daya tarik lainnya dari lokasi keindahan lautan Indonesia di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s