Panduan Mengunjungi Keindahan Alam Indonesia Timur Raja Ampat di Papua

keindahan alam indonesia timur raja ampat

sumber foto: atravellersjourney

Air laut berwarna biru hijau dan kobalt menjadi salah satu tanda keindahan alam Indonesia timur Raja Ampat di Papua, yang dimana mendapatkan pancaran sinar matahari pagi. Selain itu, bisa terlihat juga tonjolan bebatauan berwarna hitam bagaikan tinta yang seperti silet muncul di atas air tropis yang tenang. Pantai-pantai kecil dengan pasir emas menemani garis pantai, yang berbatasan dengan dataran rendah berupa hutan lebat seperti yang dimiliki oleh Kepulauan Wayag.

Bisa dibilang, Raja Ampat yang dimiliki Papua diibaratkan sebagai El Dorado versi modern, tetapi daerah ini bukanlah kota dongeng yang terbuat dari emas melainkan sebuah lingkungan dan tempat tujuan liburan impian dari para backpacker. Daerah ini berlokasi di pesisir barat dari provinsi Papua Barat yang terletak di sebelah timur dari Indonesia. Kekayaan keaneka ragaman hayati, tempat diving Indonesia kelas dunia, bentang alam yang luar biasa, pantai-pantai emas yang terpencil dan terumbu karang yang keren menjadikan daerah ini sebagai tempat tujuan liburan yang sempurna untuk siapa pun yang ingin beristirahat dari rutinitasnya.

Masalah yang sering diutarakan oleh kebanyakan orang yang ingin berlibur ke Raja Ampat di Papua, adalah biayanya mahal dan mustahil untuk berlibur di kepulauan ini dengan gaya backpacker. Tetapi kekhawatiran ini tidak sepenuhnya benar karena dengan biaya sekitar 10 juta Rupiah sudah bisa menikmati surga dunia ini. Selain biaya, ada pilihan liburan untuk siapa pun yang ingin menjelajahi daerah ini, ia bisa mengatur segala jenis cara dari liburannya seorang diri, ikut dengan kapal pesiar atau bergabung dengan kelompok tur.

Cara untuk bisa menuju Raja Ampat di Papua adalah dengan melakukan penerbangan menuju Sorong. Karena tidak ada penerbangan langsung ke Sorong dari Bali dan Jakarta, membuat wisatawan harus menuju Makassar untuk bisa menuju daerah ini. Untuk wisatawan yang ingin melakukan liburan hemat di kepulauan ini, caranya adalah ketika sudah tiba di Sorong, ia akan perlu menuju dermaga komersil, yang berada kurang dari 20 menit perjalanan menggunakan taksi. Dari dermaga ini, wisatawan bisa menaiki kapal feri menuju Raja Ampat dari Pulau Papua utama. Tiket untuk menuju Raja Ampat dari Sorong seharga sekitar Rp.200.000 dan perjalanan ini melewati Pulau Waigeo.

Wisatawan mana pun yang ingin berlibur di Raja Ampat, Papua, perlu membayar izin dari kantor lokal Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Raja Ampat. Biaya izin yang perlu dibayar adalah sekitar Rp.350.000 untuk wisatawan lokal dan sekitar Rp.700.000 untuk wisatawan asing. Jika berlibur menggunakan tur perjalanan atau naik kapal pesiar, maka izin ini sudah akan ditangani. Tetapi ketika berlibur seorang diri maka wisatawan harus menuju kantor kepemerintahan ini seorang diri.

Banyak orang telah direkomendasikan untuk secara langsung melihat keindahan alam Indonesia Timur Raja Ampat ini karena akan menjadi liburan yang seumur hidup akan sulit untuk ia lupakan. Jika seseorang tertarik untuk melakukan liburan petualangan sesungguhnya di tempat tropis maka kepulauan ini menjadi tempat yang perlu dikunjungi. Karena tempat-tempat diving kelas dunia, waktu berenang bersama hiu paus,ikan pari manta, lumba-lumba, kura-kura atau dengan melihat terumbu karang sudah cukup untuk membuat orang sangat tertarik untuk tidak berlibur di daerah ini.

Dapatkan panduan lainnya seperti untuk melihat keindahan alam Indonesia timur Raja Ampat di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s