Gunung Tujuh Jadi Salah Satu Pilihan yang Menantang Dari Indonesia Trekking Tour 2015

indonesia trekking tour 2015

sumber foto: trekearth

Salah satu daya tarik dari Gunung Tujuh yang menjadikannya sebagai pilihan lokasi untuk Indonesia trekking tour 2015 adalah adanya Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau di lokasi paling tinggi untuk danau di ukurannya. Sesuai dengan namanya, gunung ini memiliki 7 puncak yang dimana hanya 3 yang sudah berhasil dicapai menurut Wikipedia dan puncak lainnya dianggap sebagai pinggiran kawah kuno. Puncak tertinggi dari gunung ini dikenal oleh warga lokal dengan nama Gunung Jujuhan tetapi terdaftar dalam peta lokal dengan nama Gunung Hulupura.

Untuk yang sudah mengunjungi gunung tetangga yakni Gunung Kerinci, danau besar dan dalam yang dimilikinya terlihat bagaikan danau ini huyung untuk ditahan supaya tidak meluap turun ke pinggiran gunung. Kegiatan hiking Indonesia ke danau ini sendiri merupakan kegiatan yang terkenal di kalangan wisatawan asing, lokal dan siswa SMA dan membutuhkan sekitar 3 jam dari bagian awal jalur mendaki. Dari titik menonjol dan jalur awal yang agak besar, di ketinggian 1.400 meter, yang berada sekitar 2 kilometer dari Pelompek.

Ketika pendaki sudah sampai di jembatan kecil di atas sungai sebelah kiri, pastikan untuk langsung melanjutkan perjalanan menuju jalur dibandingkan untuk memutuskan untuk memutar dari jembatan. Jalur mendaki menjadi sedikit samar-samar ketika melewati ujung dari lapangan sebelum memasuki kawasan hutan yang sebenarnya. Hutan yang ada di gunung ini merupakan tempat tinggal dari segala jenis mahkluk hidup seperti monyet dan siamang. Setelah sekitar 3 jam perjalanan, pendaki akan sudah tiba di pinggiran kawah pada ketinggian 2.112 meter di atas permukaan laut, dimana merupakan titik dimana pendaki bisa melihat sekilas dari Danau Gunung Tujuh yang berada jauh di bawah.

Jalur pendakian menurun ke bawah cukup curam ke arah kiri untuk 120 meter atau sekitarnya. Danau ini sendiri berada dalam ketinggian 1.992 meter dan memiliki kedalam hingga 200 meter di bagian tengahnya. Jalur mendaki gunung ini membawa pendaki menuju sudut dari danau disamping dari sepasang batu besar yang bisa dijadikan tempat duduk dan ada sekitar 3 ruang untuk berkemah. Seringnya ada 1 atau 2 kano yang tertinggal di pinggir danau oleh nelayan. Untuk tempat berkemah terbaik sebenarnya ada di sekitar 5 menit berjalan di sekitar danau dalam searah jarum jam, tetapi perjalanan harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Karena pendaki diperlukan untuk berjalan di atas ranting pohon yang diletakkan di tengah-tengah danau yang hanya beberapa meter saja dari jatuhnya air dimana air dari danau ini akan jatuh ke bawah untuk membentuk apa yang bisa dianggap sebagai air terjun menawan jika dilihat dari bawah. Pendaki tentu saja tidak ingin hanyut ke sisi dari danau. Lokasi berkemah ini sendiri cukup besar untuk menempatkan 4 hingga 5 tenda dan berada di dekat aliran air gunung yang kecil sehingga membuat tempat ini menjadi semakin baik.

Jika ingin berusaha mencapai puncak tertinggi dari lokasi Indonesia trekking tour 2015 ini, yang biasannya bisa terlihat dengan jelas dalam jarak sekitar 4 kilometer di sisi jauh danau. Pendaki akan membutuhkan alat bantu perjalanan di perahu sampan dari nelayan untuk mencapai tempat bernama Pasir Putih. Perjalanan ini memakan sekitar 90 menit perjalanan dan perjalanan ini dikenakan biaya. Sesampai di Pasir Putih, masih ada perjalanan 1 jam di tanah rawa. Belok ke kiri akan mengarah ke Gunung Terbakar atau puncak tertinggi kedua. Dengan belok kanan, jalur sempit yang curam akan membawa pendaki menuju Gunung Kecil.

Cari lokasi lainnya dari Indonesia trekking tour 2015 di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s