Penjelasan Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 4 Bulan Keatas

perkembangan bayi 4 bulan keatas

sumber foto: momjunction

Dengan buah hati sudah melewati usia 3 bulan maka orang tua perlu bersiap dalam menghadapi perkembangan bayi 4 bulan lebih. Di usia ini si kecil akan mulai mengalami perkembangan lebih banyak dalam rutinitas pola makan dan akan memiliki jam tidur dalam jangka waktu yang lebih lama. Kedua kemampuan yang dimiliki bayi ini akan membuat orang tua menjadi lebih mudah dalam merawat buah hatinya. Selain ibu bayi yang baru mampu menyelesaikan penyembuhan setelah melahirkan dan mendapatkan pengalaman dalam mengasuh anaknya, kemampuan bayi ini juga mampu membuat tingkat stress orang tua menjadi berkurang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua yang mengurus bayi berusia 4 bulan. Hal yang pertama adalah pertumbuhan tubuh bayi. Orang tua tidak perlu khawatir jika menemukan bayinya tidak mengalami kenaikan berat badan. Karena selama si kecil mampu mengalami kenaikan berat badan dalam jadwal yang tepat, dengan orang tua sudah menyadari bahwa buah hatinya mendapatkan nutrisi dan memiliki pencernaan yang bekerja dengan baik maka hal ini sudah cukup untuk mendapatkan kesehatan yang bagus. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia mengatakan bahwa rata-rata berat dan tinggi bayi 4 bulan antara lain, untuk bayi laki-laki, tingginya adalah 63.8 cm dan berat 7 kilogram, untuk bayi perempuan, tingginya yakni 62 cm dan berat 6.4 cm.

Dalam merawat bayi yang berusia 4 bulan, ada beberapa hal yang orang tua bisa lakukan. Mengenai cara memberi makan bayi yang tepat, beberapa dokter anak tidak menganggap bahwa buah hati yang berusia kurang dari 6 bulan sudah bisa diberikan makanan padat tetapi hal ini tergantung dari bentuk dan ukuran. Jika dokter mengatakan bahwa bayi dianggap aman dan buah hati sudah bisa memiliki kendali leher yang membuatnya bisa duduk tegak, maka bayi sudah bisa dikenalkan sama makanan padat.

Orang tua bisa mulai dengan sereal nasi yang diperkaya oleh zat besi yang digabungkan dengan pemberian susu ASI atau susu formula untuk membantu bayi menjadi terbiasa. Buah hati kemungkinan akan mendorong sendok keluar dari mulut menggunakan lidahnya. Jika hal ini terjadi, maka orang tua perlu beberapa minggu lagi sebelum memberikan makanan padat lagi. Ketika pemberian susu ASI atau susu formula, buah hatu seharusnya sudah mulai terbiasa dan sudah tidak menemukan masalah lagi.

Bayi masih cukup mudah terkena alergi dan akan mengalami masa sulit untuk mencerna makanan padat yang banyak, oleh karena itu pemberian ASI atau susu formula masih menjadi sumber utama dari nutrisi mereka. Dalam perkembangan bayi 4 bulan keatas, ia seharusnya sudah bisa tidur sepanjang malam atau sekitar 7 hingga 8 jam. Bayi juga seharusnya sudah bisa tidur siang 2 kali, yang akan membuatnya memiliki jumlah waktu tidur dalam sehari yakni 14 hingga 16 jam.

Cari tahu petunjuk lainnya seputar perkembangan bayi 4 bulan keatas di Merries.co.id.

Advertisements

One thought on “Penjelasan Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 4 Bulan Keatas

  1. Pingback: Yang Terjadi Dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan Setengah Lebih | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s