Gambaran Keindahan Alam Indonesia Gunung Bromo yang Menakjubkan

keindahan alam indonesia gunung bromo

sumber foto: adventurelink

Sebagai gunung memiliki titik puncak yang berada di ketinggian 2.329 meter di atas permukaan membuat keindahan alam Indonesia Gunung Bromo merupakan salah satu gunung paling ikonik di negeri ini. Tempat wisata ini mampu menunjukkan keanggunannya meskipun keseluruhan bagian puncaknya terbongkar dan dengan adanya kawah di dalamnya yang terus memuntahkan asap belerang berwarna putih. Gunung ini juga merupakan salah satu dari gunung yang paling aktif di dunia dan memiliki area yang dilarang untuk dikunjungi oleh wisatawan karena ada kemungkinan bahaya yang mengancam.

Lokasi dari gunung ini berada di dalam dari kaldera Tengger yang besar (kawah gunung yang memiliki perkiraan diameter sebesar 10 km), dikelilingi oleh Laut Pasir dari pasir gunung api yang bagus. Bentang alam yang menakjubkan dan halus ini telah mencuri hati dari berbagai pendaki yang ingin melihat secara langsung tantangan yang dimiliki serta keindahan yang hanya bisa didapat di gunung yang ada di Jawa Timur ini.

Ada mitos yang menyebutkan bahwa Gunung Bromo merupakan hal yang sangat berarti bagi suku Tengger, yang percaya bahwa gunung ini adalah tempat dimana pangeran berani mengorbankan nyawa untuk keluargannya. Untuk menenangkan tuhan, penduduk suku ini akan memberikan makanan dan uang yang dilemparkan ke kawah dari gunung api ini satu kali dalam setahun, tepatnya pada festival tahunan Kasada atau Kasodo. Wisatawan bisa menemukan gunung ini di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, yang lokasinya berada di samping Gunung Semeru di Jawa Timur.

Ada banyak alasan untuk mengunjungi gunung ini, salah satunya adalah untuk menyaksikan keindahan alam Indonesia Gunung Bromo yang dikombinasikan dengan bahaya, karena gunung api yang masih aktif ini bisa menimbulkan firasat buruk dan tandus tapi masih terlihat indah. Pemandangan yang dimilikinya hampir tiada duannya dan hal ini sudah cukup untuk menjadi alasan untuk mengunjungi gunung api ini. Dari bulan Juni hingga Agustus merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Karena daerah ini tidak memiliki curah hujan yang tinggi di waktu ini.

Bulan Agustus juga merupakan bulan dimana festival Kesodo atau Kesada diadakan oleh suku Tengger. Meskipun begitu, dengan Indonesia memiliki musim yang terdiri dari 2 jenis yakni hujan dan kemarau, membuat kapan pun menjadi waktu yang bagus untuk mengunjungi gunung ini. Wisatawan hanya perlu memeriksa cuaca lokal ketika berada di tempat ini, supaya langit yang cerah bisa membuat pengalaman menyaksikan matahari terbit menjadi salah satu yang sulit untuk dilupakan. Wisatawan juga disarankan untuk menghindari akhir pekan jika ingin mengunjungi Gunung Bromo, yang akan dipenuhi oleh banyak orang.

Simak berbagai informasi lainnya mengenai keindahan alam Indonesia Gunung Bromo di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

One thought on “Gambaran Keindahan Alam Indonesia Gunung Bromo yang Menakjubkan

  1. Pingback: Panduan Mengunjungi Keindahan Alam Indonesia Timur Raja Ampat di Papua | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s