Panjat Tebing Indonesia Sebagai Olahraga Menantang Dalam dan Luar Ruangan

panjat tebing indonesia

sumber foto: thestar

Menjaga keseimbangan sebagai cara untuk menghindari tubuh untuk terjatuh, dengan cepat mencari pegangan yang bagus dalam sebuah permukaan atau meregangkan tubuh menjadi beberapa dari aspek yang menantang dari panjat tebing Indonesia untuk pemula. Arena olahraga ini mungkin terdengar berat tetapi jika berhasil menyelesaikan jalur memanjat, perasaan yang didapat akan terasa pantas dengan usaha yang dilakukan. Dalam melakukan olahraga menantang ini bisa berada di dalam ruangan dengan memanjat tembok atau di luar ruangan dengan memanjat tebing bebatuan alami.

Dengan 2 pilihan ini membuat pemula bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kemampuan. Pemanjat pertama kali mungkin menganggap bahwa olahraga ekstrim ini terasa menantang tetapi kebanyakan tempat yang menyediakan arena olahraga ini menawarkan rangkaian yang lengkap dengan perlengkapan yang bisa disewa, panduan dalam berlatih dan juga instruktur yang berpengalaman yang siap memandu jika ada pemula atau peserta yang ingin mencoba tantangan ini. Beberapa tempat juga ada yang menyediakan pengetahuan dasar, termasuk bagaimana cara untuk mengenakan perlengkapan pengaman dan bagaimana mengikat tali sebelum mulai memanjat.

Meskipun kedua panjat tebing dan panjat diding menggunakan peralatan yang serupa, tetapi kedua jenis olahraga memanjat ini menawarkan kepada pendaki tantangan yang berbeda. Salah seorang pemandu olahraga panjat tebing bernama Mustapha Al Bakri mengataka bahwa olahraga ini bisa dianggap sebagai tari balet di atas bebatuan. Ia juga mengatakan bahwa seseorang tidak bisa dengan semata-mata memanjat secara kasar tetapi ia harus merencanakan dan menjalankan secara tenang dalam memanjat bebatuan. Banyak orang mungkin menganggap bahwa pemanjat akan banyak bergantung kepada tangannya, tetapi kenyataanya bahwa pemanjat perlu memanfaatkan kekuatan kaki untuk mendorong dirinya ke atas.

Dengan menempatkan tubuh lebih dekat dengan permukaan membantu dalam meraih pijakan kaki yang lebih kuat dan keseimbangan yang lebih baik. Arena dari olahraga extreme ini memiliki jalur-jalur memanjat yang memiliki nilai yang dimana berdasarkan di tingkat kesulitan dari pendakian. Ketika menjelaskan perbedaan antara panjat tebing alami dengan panjat dinding di dalam ruangan, pemandu ini mengatakan bahwa panjat dinding akan terasa lebih menantang untuk beberapa orang.

Bentuk alami dari bebatuan meminta pemanjat untuk memikirkan mengenai rute yang ingin dipilih supaya bisa menyelesaikan panjatan dan mencari tangan terbaik serta pijakan kaki yang terbaik untuk mencapai puncak. Untuk jalur panjat dinding yang sama, kemungkinan ada 4 atau 5 cara berbeda dan teknik untuk memanjatnya. Tetapii ada sebagian orang yang merasa bahwa mereka lebih menikmati dalam menaklukkan tatangan olahraga ini dengan panjat tebing.

Tempat panjat tebing Indonesia biasannya menyediakan tali memanjat dari puncak untuk pemula, tali ini disangkutkan ke pengaman dari pemanjat melalui sistem dangkat di bagian atas dari pendaki, dengan pihak tempat atau pelatih akan mengendalikan tali untuk pendaki dalam menyeimbangkan tali di dasar tebing. Untu peserta yang memilih untuk berada di dalam ruangan dengan pendingin bisa memilih untuk melakakukan pendakian dalam ruangan.

Cari tahu informasi menarik lainnya seputar panjat tebing Indonesia di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

One thought on “Panjat Tebing Indonesia Sebagai Olahraga Menantang Dalam dan Luar Ruangan

  1. Pingback: Cari Tahu Pilihan Terbaik Dari Olahraga Extreme di Dunia 2015 | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s