Apakah Aman Untuk Ibu Hamil Makan Mie Instan?

ibu hamil makan mie instan

sumber foto: momjunction

Sudah banyak diketahui bahwa wanita yang mengandung mengidamkan untuk bisa memakan makanan dengan porsi yang melimpah, tetapi apakah aman untuk ibu hamil makan mie instan? Dengan perasaan ngidam wanita hamil untuk menyantap berbagai jenis makanan meningkat. Tetapi lama kelamaan keinginan ini harus dijaga, karena saat ini wanita yang sedang mengandung tidak memakan untuk dirinya sendiri namun juga untuk bayi yang ada di perutnya. Untuk alasan yang sama menyarankan calon ibu untuk menjalani diet yang sehat dan memakan makanan yang bagus untuk dirinya. Mereka juga disarankan untuk menghindari makanan cepat saji atau makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, ia harus bisa menjaga diri, untuk memakanan makanan yang tepat dan aman untuk bayinya.

Menurut pandangan dokter, jika ibu hamil sesekali makan mie instan sebagai perubahan di menu makanannya, maka hal ini diperbolehkan tetapi makanan ini tidak boleh dijadikan sebagai menu utama dari diet pokok. Hal ini dialaskan karena mie instan mengandung banyak kandungan zat tepung, garam, dan MSG, yang dianggap tidak memiliki manfaat terhadap perkembangan bayi. Lebih lanjut, dengan mengonsumsi garam dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Dengan selama kehamilan ketakutan dari tekanan darah tinggi sudah ada dan dengan mengonsumsi jenis mie instan apa pun yang mengandung jumlah garam dalam kuantitas yang tinggi bisa menjadi sangat berbahaya untuk wanita hamil dan juga bayinya. Pada dasarnya, mie instan tidak bisa dianggap sebagai makanan, karena makanan ini memiliki kandungan kurang dari protein, mineral dan bahan penting lainnya yang diperlukan untuk menambah laju dari pertumbuhan janin.

Memakan satu atau dua kali mie instan selama kehamilan masih aman tetapi hal ini hanya bisa dilakukan jika ibu hamil sudah menjalani diet tepat yang penting untuk bayinya. Jika ibu hamil sangat ingin makan mie instan maka ada hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengaruh buruk makanan ini, seperti dalam menambahkan garam, tuangkan setengah dari apa yang disebutkan di bungkus mie. Wanita yang sedang mengandung juga bisa membuat makanan ini menjadi lebih sehat dengan menambahkan telur rebus, sayuran warna-warni, seperti wortel, kapsikum, kubis dan lainnya. Sayuran-sayuran hijau juga bisa membuat makanan terlihat lebih cerah sekaligus lebih bernutrisi.

Perlu diketahui jika ibu hamil makan mie instan terlalu banyak bisa berbahaya, apalagi jika makanan ini dikonsumsi setiap hari atau terlalu sering yang akan membuatnya tidak hanya berbahaya untuk wanita yang sedang mengandung tetapi juga untuk bayinya. Sudah banyak kasus ditemukan di seluruh dunia, dimana wanita yang memakan mie sebagai diet pokoknya atau sering memakan makanan ini, ketika melahirkan bayinya terlihat dikelilingi oleh mie di semua bagian tubuhnya. Kasus yang lebih parah adalah ada bayi yang tercekik oleh makanan ini. Untuk menghindari peristiwa yang berbahaya, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan ini hanya untuk 9 bulan.

Dapatkan informasi bermanfaat seperti bahaya ibu hamil makan mie instan di Merries Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s