Berkunjung Ke Salah Satu Lokasi Keindahan Taman Laut Indonesia di Bunaken

keindahan taman laut indonesia

sumber foto: Kaufik Anril @ Flickr

Di antara pilihan tujuan liburan favorit, Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu lokasi unggulan yang berupa keindahan taman laut Indonesia. Letak dari taman nasional ini berada dekat dari kota Manado yang berpenduduk sekitar 400.000 jiwa, yang ada di ujung dari Sulawesi Utara. Taman Nasional Bunaken menawarkan kepada para penyelam dan pecinta snorkeling kesempatan untuk menyaksikan beberapa contoh dari keanekaragaman hayati tingka tinggi di dunia.

Diperkirakan ada sekitar 20.000 penduduk yang tinggal di taman ini dan mencari mata pencaharian dari kekayaan laut. Taman Nasional Bunaken memiliki harga tiket masuk sebesar Rp.150.000 yang meliputi biaya dalam membantu membersihkan taman dan melindunginya dari penangkapan ikan secara liar dan eksploitasi berlebihan. Taman nasional ini merupakan salah satu dari taman laut pertama di Indonesia, yang juga dianggap sebagai contoh teladan dari bagaimana perbedaan negara yang seharusnya dalam melindungi harta terbesar dari negaranya.

Taman nasional ini bisa ditemukan di luar dari Teluk Manado dan di Laut Celebes. Taman ini memiliki perkiraan luas area sebesar 895 meter persegi dibangun pada tahun 1991, dan merupakan taman laut pertama Indonesia dengan sistem yang terus berkembang. Sekitar 97% bagian dari taman ini adalah samudra dan sisa 3% bagiannya merupakan daratan, taman ini mencakup 5 pulau yakni Pulau Bunake, Pulau Siladen, Pulau Nain, Pulau Mantehage dan gunung api yang sudah tidak aktif yang dimiliki Manado Tua.

Diperkirakan sekitar 5 juta tahun lalu, daerah ini terkena aktivitas gunung api yang besar, yang merupakan apa yang menciptakan daerah ini menarik dan memiliki topografi yang unik. Lautan yang mengelilingi Sulawesi Utara dan pulau-pulau yang kekurangan daratan kontinental, yang membuat air bisa masuk sangat dalam dan sangat cepat. Kedalaman lautan diantara pulau-pulau sering kali lebih dari 1.000 meter dengan titik paling dalam berada di 1.840 meter, berada sedikit di luar dari Gunung Manado Tua.

Sulawesi Utara berada hampir di pusat dari segitiga karang, yang sebanyak lebih dari 70% diisi oleh spesies ikan di Pasific Indo-barat. Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata yang terkenal oleh turis dan ahli biologi laut, yang sering datang ke tempat ini untuk melihat keragaman luar biasa dari kehidupan laut. Selain merupakan keindahan taman laut Indonesia yang sangat kaya akan ikan, hewan tulang belakang dan karang, taman ini juga merupakan tempat yang penting bagi banyak spesies dari mamalia laut.

Dugong merupakan jenis mahkluk laut yang bisa ditemukan mencari makanannya di padang rumput lamun, banyak spesies dari lumba-lumba dan paus bisa ditemukan sedang berburu makanannya di lautan ini. Jika wisatawan sedang beruntung maka ia bisa melihat paus pembunuh, paus pembunuh palsu dan bahwa paus sperma sedang berenang di lautan ini. Cara untuk bisa menyaksikan keindahan laut taman nasional ini adalah dengan diving Indonesia dan 2 cara penyelaman yang bisa dilakukan adalah menyelam tembok dan menyelam lereng.

Temukan pilihan lokasi lainnya dari keindahan taman laut Indonesia di Super Adventure.

Advertisements

One thought on “Berkunjung Ke Salah Satu Lokasi Keindahan Taman Laut Indonesia di Bunaken

  1. Pingback: Daya Tarik yang Dimiliki Karimunjawa Dalam Keindahan Lautan Indonesia | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s