Meneliti Seputar Perkembangan Bayi 4 Bulan Jalan 5 Bulan

perkembangan bayi 4 bulan jalan 5 bulan

sumber foto: aptaclub

Orang tua akan terkesima dengan perkembangan bayi 4 bulan jalan 5 bulan karena sang buah hati di usia ini sudah bisa belajar dari hal-hal yang dilakukan oleh orang tuannya. Berbicara, menyanyi dan membaca dengan lantang bisa membantu si kecil dalam mengenal suara, sambil kemampuan yang baru dikuasai yakni berguling dan duduk semuanya menambahkan dalam peningkatan kemandirian dalam diri mereka. Aktivitas tambahan kemungkinan membuat mereka memerlukan porsi makan yang lebih banyak tetapi penyapihan tidak direkomendasikan sebelum usianya 6 bulan dan pastinya bukan sebelum 7 minggu.

Buah hati yang berada di usia 4 bulan telah menjalani perkembangan secara dramatis dan orang tua akan menyadari banyak perkembangan lainnya dalam 2 bulan ke depan. Saat ini, si kecil sudah bisa belajar dari orang tuannya, mendengar suara orang tua dan melihat bagaimana orang tua melakukan kegiatannya sama pentingnya seperti untuk meningkatkan rangkaian perkembangan kemampuan yang dimiliki oleh sang bayi.

Mengenai apa yang harus orang tua beri makan bayi di usia ini, pada umumnya ada keinginan untuk memuaskan rasa lapar buah hati yang meningkat dengan pertama kali diberikan makanan padat. Tetapi perlu diketahu bahwa departemen kesehatan dari badan kesehatan dunia atau WHO merekomendasikan pemberian susu ASI sebagai satu-satunya sumber nutrisi bayi sampai usia si kecil memasuki 6 bulan. Tetapi, jika orang tua memutuskan untuk mengenalkan makanan padat sebelum waktu anjuran tersebut, pastikan bahwa usia bayi sudah melewati 17 minggu.

Semua orang tua ingin mendengarkan kata pertama dari bayinya. Dengan buah hati di usia 4 bulan mulai bereksperimen dengan suara-suara yang bisa mereka buat dengan mudah di mulutnya, maka orang tua kemungkinan mendengar mereka mengucap kata ‘ma’ atau ‘pa’. Percobaan ini sering kali dilakukan bayi ketika ia mulai mengurangi tangisannya dan ingin mencoba lebih banyak berbicara, menggunakan bahasa tubuh dalam membantunya berkomunikasi. Dalam beberapa bulan mendatang kemampuan bayi ini akan meningkat, dengan mereka belajar bagaimana untuk mengubah suara yang mereka hasilkan dengan mengubah bentuk dari lidah dan mulut mereka.

Pada perkembangan bayi 4 bulan jalan 5 bulan, kedalaman dalam penerimaan cahaya pada bayi mulai berkembang. Sampai saat ini, mereka akan menghadapi kesulitan dalam menempatkan lokasi, ukuran dan bentuk yang tepat dari benda-benda yang berada di sekitar mereka. Tetapi semua ini mengenai perubahan dengan mereka akan menguasai kemampuan dari penglihatan binokular atau kemampuan untuk menggunakan kedua mata bersama-sama, yang akan membuat bayi bisa secara akurat mengikuti benda dan orang yang bergerak. Bersamaan dengan perkembangan kemampuan ini, orang tua mungkin mulai melihat tanda-tanda bahwa bayinya mengalami peningkatan dalam koordinasi mata dan tangan.

Meskipun bayi kemungkinan belum memahami orang tua, dengan berbicara, membaca dan menyanyi bisa membantu buah hati dalam memproses suara yang akan kemudian mereka belajar untuk menirukan. Sama halnya, permainan seperti saling menatap bisa membantu meningkatkan kemampuan si kecil dalam mengikuti benda-benda dengan matanya. Untuk memainkan permainan ini, hanya perlu mendapatkan perhatian bayi usia 4 bulan, lalu coba miringkan kepala dan tunggu mereka mengikutinya, lalu putar tubuh dan lihat sang buah hati membelokkan kepalanya supaya masih bisa melihat orang tuannya.

Simak penjelasan lebih lanjut dari perkembangan bayi 4 bulan jalan 5 bulan di Merries Indonesia.

Advertisements

One thought on “Meneliti Seputar Perkembangan Bayi 4 Bulan Jalan 5 Bulan

  1. Pingback: Apakah Aman Untuk Ibu Hamil Makan Mie Instan? | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s