Informasi Untuk Orang Tua Baru Menghadapi Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih

perkembangan bayi 4 bulan lebih

sumber foto: ittybittygiggles

Salah satu hal yang perlu orang tua baru ketahui dalam menyambut perkembangan bayi 4 bulan lebih adalah perkembangan bayi akan berjalan dengan cepat. Bersama dengan peningkatan indranya, buah hati kemungkinan akan menjalani masa awal dari perkembangan bicaranya dan kemungkinan akan ada tanda-tanda awal dari akan tumbuhnya gigi pertamanya. Pada umumnya bayi di usia ini akan terkesima dengan segala hal yang memiliki tekstur unik seperti berkerut, mengkilap, menggumpal atau berbulu.

Kebanyakan dari benda yang disentuhnya, apapun teksturnya, akan langsung diarahkan ke mulutnya. Kadang, bayi secara tidak tahu akan memukul wajahnya dengan mainan lalu ia akan menangis, sambil memberikan pandangan kasihan. Penglihatan bayi sudah benar-benar muncul dan sudah tidak lagi merupakan pandangan kabur seperti ketika ia baru lahir. Buah hati kini sudah bisa melihat sepanjang ruangan, meskipun mereka akan masih memilih untuk melihat benda-benda yang berada dekat.

Jika orang tua baru menemukan mata bayinya juling, maka perlu segera dilaporkan ke dokter anak karena ini merupakan hal penting yang perlu diperiksa. Meskipun bayi sudah bisa melihat warna sejak lahir, tetapi baru kini bayi akan menjadi lebih baik dalam membedakan corak warna, bisa menjadi lebih akurat dalam mencari perbedaan di antara corak warna yang serupa. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan bayi dengan mainan-mainan yang lebih berwarna dan buku-buku yang akan suka mereka pandangi.

Jika orang tua baru mendengarkan buah hatinya secara perlahan dari ocehannya maka akan terdengar suara huruf vokal dan konsonan khsusnya huruf p dan b ketika mereka sedang murung dan suara parau yang menggunakan huruf j dan k ketika mereka sedang merasa senang. Bayi 4 bulan juga bisa meniru suara yang dikeluarkan oleh orang tuannya. Misalnya jika orang tua mengucapkan kata seperti boo, maka ada kemungkinan buah hatinya bisa menirukan suara dari kata tersebut.

Berguling merupakan kemampuan yang kemungkinan besar bisa diraih dalam perkembangan bayi 4 bulan lebih. Meskipun usia bayi bisa melakukan gerakan bergulingnya berbeda-beda, ada bayi yang sudah bisa melakukannya di usia 3 bulan dan ada bayi yang masih belum bisa berguling ketika usianya sudah 6 atau 7 bulan. Oleh karena itu, usia 4 bulan adalah usia bayi memiliki peluang untuk bisa berguling atau tidak. Orang tua baru tidak disarankan untuk memaksa bayi supaya bisa berguling tetapi mereka bisa mendorong bayi untuk bisa menguasai kemampuan ini degan menempatkan mainan kesukaanya di sisinya dan perhatikan apakah ia akan berguling untuk mengambilnya atau tidak.

Lalu orang tua juga akan menyadari bahwa ketika sedang tengkurap, buah hatinya bisa melengkukkan punggungnya. Ini merupakan latihan yang bagus yang bisa membantunya dalam mengembangkan otot-otot leher lebih jauh dan juga merupakan cara yang bagus untuknya dalam memulai mengembangkan otot-otot yang akan mereka butuhkan untuk duduk, kemudian untuk merangkak, berdiri dan berjalan.

Temukan berbagai informasi seputar perkembangan bayi 4 bulan lebih di Merries Indonesia.

Advertisements

2 thoughts on “Informasi Untuk Orang Tua Baru Menghadapi Perkembangan Bayi 4 Bulan Lebih

  1. Pingback: Meneliti Seputar Perkembangan Bayi 4 Bulan Jalan 5 Bulan | My Blog

  2. Pingback: Penjelasan Untuk Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi 4 Bulan Keatas | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s