Cara Mudah Untuk Mengetahui Tanggal Persalinan Dengan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran

kalkulator kehamilan dan kelahiran

sumber foto: motherandbaby

Pasangan mungkin mengetahui bahwa sang wanita sedang hamil tetapi untuk mengetahui perkiraan tanggal persalinan maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kalkulator kehamilan dan kelahiran. Setelah mendapatkan konfirmasi tes kehamilan yang menujukkan bahwa hasil positif bahwa sang wanita sedang hamil. Tetapi tidak sedikit pasangan yang ingin mengetahui dengan pasti kapan mereka akan menjadi orang tua. Apakah waktu kehamilan akan berjalanan 9 bulan? 40 minggu dari tanggal terakhir kali menjalani masa menstruasi? Atau kehamilan hanya akan berjalanan 6 bulan saja. Di bawah ini adalah sejumlah penjelasan dalam mengetahui kapan kemungkinan bayi akan dilahirkan.

Mengenai apa yang dimaksud dengan kehamilan penuh adalah hal ini tidak berarti bahwa kehamilan penuh akan menjalani proses persalinan pada hari ketika kehamilan tepat berusia 40 minggu. Karena tidak semua wanita hamil akan menjalani proses kelahiran ketika usia kehamilannya tepat berada di usia 40 minggu. Bahkan, istilah masa kehamilan penuh dianggap berlangsung antara 38 minggu hingga 42 minggu kehamilan. Renggang waktu ini dianggap sebagai bulan kelahiran.

Seorang suster bernama Teresa Walsh yang bertugas di Rumah Sakit The Portland di London, Inggris, mengatakan bahwa dalam rata-rata kehamilan memakan waktu selama 40 minggu atau 10 bulan jika menggunakan kalender lunar yang dihitung dari hari pertama masa menstruasi terakhir yang dijalani wanita atau 38 minggu setelah proses pembuahan berlangsung. Tetapi, sesungguhnya belum ada hitungan ilmiah yang tepat untuk mencari tahu kapan tanggal persalinan akan dilangsungkan.

Ketika ingin menghitung hingga datangnya bayi, maka calon orang tua perlu menyiapkan kalender supaya bisa mengetahui hasilnya dengan lebih tepat. Untuk mengetahui kapan tanggal persalinan menggunakan kalkulator kehamilan dan kelahiran, wanita diminta untuk menghitung dengan menambah 40 minggu masa kehamilan dari hari pertama masa menstruasi terakhirnya, meskipun sesungguhnya bayi yang berada dikandungan berusia 2 minggu lebih muda.

Karena kebanyakan wanita menjalani proses ovulasi dan pembuahan 2 minggu setelah hari pertama masa menstruasi terakhirnya dan membuat proses kehamilan hanya akan berlangsung sekitar 38 minggu ketika masa kehamilan memasuki usia 40 minggu. Lebih lanjut, Teresa Walsh mengatakan bahwa tanggal dari proses pemeriksaan USG, yang biasanya akan dilakukan ketika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-10 hingga minggu ke-14, merupakan cara yang paling akurat dalam mengetahui usia kandungan, yang digunakan untuk menghitung kapan tanggal persalinan akan dilakukan.

Proses penghitungan lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan hari pertama dari masa menstruasi terakhir lalu tambah 7 hari dari tanggal tersebut. Hasil dari penjumlahan tersebut ditambah 9 bulan. Hasil penambahan kedua ini merupakan perkiraan dari tanggal persalinan yang akan dilakukan oleh ibu hamil. Cara yang sangat sederhana tetapi karena tanggal dari hari pertama masa menstruasi jarang diketahui maka perhitungan ini tidak banyak digunakan oleh wanita hamil yang ingin mengetahui tanggal kelahiran bayinya.

Sejumlah penjelasan lain seputar kalkulator kehamilan dan persalinan di Merries Indonesia.

Advertisements

One thought on “Cara Mudah Untuk Mengetahui Tanggal Persalinan Dengan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran

  1. Pingback: Penjelasan Baik dan Buruk Dari Kalender Kehamilan Usia 30an | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s