Menuruni Gua Buniayu Menjadi Contoh Penjelajahan Alam Bebas Perut Bumi

contoh penjelajahan alam bebas

sumber foto: kidnesia

Sensasi terjal dari menuruni jauh ke dalam permukaan bumi menjadi contoh penjelajahan alam bebas perut bumi yang tiada duannya. Di antara beberapa gua terkenal di Indonesia yang bisa diakses dengan pintu masuk yang vertikal, Gua Buniayu di Suka bumi, menawarkan petualangan gua yang paling menegangkan. Gua lain yang tidak kalah terkenalnya dari gua yang ada di Sukabumi ini adalah menuruni Gua Jomblang yang ada di Yogyakarta.

Gua ini beralamat di Desa Kerta Angsana, Nyalindung, Sukabumi. Dimana kota ini berada sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan kendaraan dari ibu kota, Jakarta. Nama Beniayu diambil dari 2 kata Sunda yakni Buni dan Ayu. Kata Buni memiliki arti yaitu tertutup atau tersembunyi dengan baik, sedangkan Ayu berarti Indah, sehingga Buniayu secara keseluruhan berarti keindahan yang tersembunyi, yang dianggap sebagai gambaran yang sempurna terhadap gua ini.

Sesuai dengan namanya, Gua Buniayu menawarkan keindahan yang mengejutkan tersembunyi di dalam bumi yang hanya bisa dicapai dengan melakukan petualangan wisata goa yang menegangkan. Seperti ketika mengunjungi museum alam bawah tanah, gua ini menampilkan sejumlah struktur-struktur alam paling menakjubkan seperti stalaktit, stalagmit, batu mengalir, kolom, tirai, gourdams, dan masih banyak lagi. Speleologist dan pencinta gua sering kali menganggap Buniayu sebagai laboratorium alami yang membuat mereka bisa belajar lebih lanjut tentang bumi dan perkembangannya selain sebagai contoh penjelajahan alam bebas.

Secara keseluruhan, sistem dari Gua Buniayu terbagi 3 gua utama, yang diantaranya adalah Gua Kerek, Gua Wisata dan Gua Landak. Untuk pengunjung umum, Gua Wisata dan Landa bisa menjadi lokasi penjelajahan mereka dan bisa ditelusuri oleh apa pun serta tidak membutuhkan persiapan yang spesial. Seseorang hanya perlu mengenakan pakaian yang nyaman dan membawa makanan dan minuman ringan. Dimana Gua Kerek merupakan fenomena spesial yang akan membutuhkan perjalanan petualangan selama 4 hingga 5 jam dan membutuhkan siapa pun mengenakan perlengkapan spesial seperti helm, pakaian anti air, sarung tangan, sepatu bots yang tidak licin, tambang statis/dinamus, karabiner, tangga besi dan perlengkapan penerangan, yang harus dimiliki oleh seorang operator di tangannya,

Sebagai area untuk yang sudah berpengalaman, Gua Kerek menawarkan semua jenis dari petualangan yang melelahkan seperti memanjat, hiking Indonesia, dan juga berenang. Adrenalin peserta akan dipompa kencang setibanya setelah melundur ke bawah air terjun Bibijilan dengan hanya menggunakan tambang yang diikat disekitar perut. Seseorang juga diminta untuk berenang dan mengikuti jalur dari arus air di bawah tanah sejauh 2.500 meter. Sedangkan di sungai ini, seseorang akan menemukan mahkluk-mahkluk paling unik dan jarang seperti udang air segar kuno.

Cari tahu lokasi lain yang menjadi contoh penjelajahan alam bebas di SuperAdventure.co,id.

Leave a Reply

