Bertemu Dengan Hiu Paus Dalam Adventure Indonesia Travel Papua di Teluk Cendrawasih

adventure indonesia travel papua

sumber foto: rajaampatlodges

Lebih banyak didominasi oleh lautan dibandingkan darat, kepualuan Indonesia yang luas diisi oleh keajaiban-keajaiban yang tidak terhitung, seperti lokasi adventure Indonesia travel Papua di Teluk Cendrawasih. Karena tidak hanya di pulau-pulau, tetapi di bawah permukaan dari air juga terdapat beberapa makhluk-makhluk paling megagumkan di dunia bisa ditemukan. Salah satu dari binatang besar yang ada di kedalaman laut adalah hiu paus yang menjadikan teluk yang berada di pesisir utara dari Papua tersebut sebagai tempat bermainnya.

Memiliki nama ilmiah dari Rhincodon typus, hiu paus merupakan hewan yang suka berpindah-pindah dan diketahui mampu tumbuh hingga panjangnya mencapai 18 meter atau lebih. Ahli biologi menyebutkan bahwa hewan laut ini merupakan spesies kuno yang awalnya ditemukan sekitar 60 juta tahun lalu dan biasannya ditemukan di samudra terbuka. Makhluk laut ini memliki umur kehidupan selama 70 tahun. Yang merupakan hal yang di luar dugaan adalah binatang yang besar ini merupakan binatang jinak karena mereka hanya tinggal di keindahan laut Indonesia yang berisi plankton, kumpulan dari kidang telur dan ikan-ikan kecil.

Ikan hiu paus merupakan ikan hiu yang menyaring makanan secara lambat, dengan menyedot air disekitarnya lalu menyaring makanannya dan dikenal sebagai spesies ikan paling besar yang masih hidup. Makhluk yang luar biasanya ini memegang banyak rekor di kerajaan binatang berkat ukuran yang menakjubkannya, yang paling terlihat adalah karena menjadi binatang bukan mamalia paling besar yang bertulang belakang, ukurannya sering disamakan dengan banyak dinosaurus-dinosaurus paling besar dalam berat.

Satu ekor hiu paus yang dikonfirmasi sebagai paling besar memiliki panjang 12.65 meter dan berat lebih dari 21.5 metrik ton. Nama hiu paus sendiri berasal dari ukuran menakjubkan dari ikan ini, memiliki ukuran yang besar seperti beberapa spesies dari paus, dan karena hewan laut ini, kurang lebih, merupakan penyaring makanan seperti kebanyakan paus. Ikan yang unik ini memiliki mulut yang bisa mencapai lebar sebesar 1.5 meter, mengandung 300 hingga 350 baris dari gigi-gigi kecil dan 10 alas penyaring yang digunakan untuk menyaring makanan.

Kepala dari hiu paus berukuran lebar dan datar dengan 2 mata kecil di bagian depan dan 5 pasang dari insang. Warna dari ikan ini biasannya adalah abu-abu dengan perutnya berwarna putih. Kulit ikan ini ditandai oleh bintik-bintik kuning yang pucat dan garis-garis yang cukup unik untuk setiap jenisnya. Binatang laut ini yang ada di Teluk Cendrawasih diketegorikan sebagai jenis yang rawan dalam status hewan yang terancam punah oleh persatuan intenasional untuk pelindungan alam atau bernama IUCN.

Jika di tempat lain di dunia, penyelam dianggap sangat beruntung ketika mereka bertemu dengan satu atau sepasang ikan besar ini, tetapi di lokasi adventure Indonesia travel Papua atau di Teluk Cendrawasih, hiu paus akan datang dan berenang di sekitar pod dan para penyelam bisa berenang bersama mereka yang tidak berbahaya tetapi penyelam harus berhati-hati untuk tidak terkena pukulan dari salah satu siripnya yang bertenaga.

Dapatkan lokasi lainnya untuk adventure Indonesia travel Papua di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s