Mengenal Sejarah dan Dasar Olahraga Extreme Parkour

olahraga extreme parkour

sumber foto: adrenalinebeast

Sebagai salah satu dari golongan dari bentuk paling murni, dalam olahraga extreme parkour yang dibutuhkan adalah tubuh dan kemampuan dalam mengendalikannya. Gerakan dari olahraga menantang ini sederhana, dengan berlari-lari dan menaklukan segala jenis rintangan hanya menggunakan tubuh sendiri. Parkour biasannya dilakukan di kota-kota dimana ada banyak rintangan seperti tembok, tangga, pepohonan, atap gedung dan masih banyak lagi.

Olaharaga ini dimulai di awal abad lalu ketika perwira angkatan laut Perancis bernama Georges Hebet memulai latihan dalam jenis yang baru, jenis latihan yang memiliki tujuan langsung. Ia pertama kali mendapatkan inspirasi dari suku asli di Afrika. Ia menyaksikan bagaimana fleksibel, kuat dan ketahan dari tubuh yang merupakan hasil dari hanya menjalani kehidupan di alam. Ia kemudian menyadari bahwa kemampuan-kemampuan ini akan berguna untuk para tentara di medan perang dan mulai mengajarkan teknik-teknik olahraga ini di Perancis.

Lama-kelamaan, ajarannya ini menjadi sistem standar dari latihan militer Perancis. Di akhir 1930an, Raymond Belle yang lahir di Vietnam, membuatnya memiliki setengah darah Perancis dan setengah darat Vietnam, ia dipisahkan dari orang tuannya di usia muda dan menghabiskan masa kecilnya di panti asuhan militer. Di sini, ia memahami bahwa ia perlu memiliki tubuh yang lebih kuat dari yang laut untuk bisa bertahan dan dijauhkan. Ia kemudian mulai melakukan latihan tambahan secara diam-diam di malam hari, menggunakan medan rintangan mileter. Tidak lama ia mampu menciptakan metode sendiri.

Ia mampu mengalami peningkatan kekuatan, kelenturan dan kelincahan yang membuatnya tidak hanya dijauhi tetapi mampu memukau semua orang yang ada disekitarnya. David Belle, anak laki-laki dari Raymond Belle, lahir pada tahun 1973. Terinspirasi oleh penjelajahan ayahnya, ia mulai berlatih aktivitas ini. Pertama kali ia hanya melakukannya sendiri tetapi tidak lama kegiatan yang dilakukannya ini diikuti oleh orang lain. Beberapa tahun menjelang berakhirnya abad lalu, mereka mengirimkan beberapa video ke stasiun TV Perancis.

Di tahun berikutnya, ketika video-video tersebut ditampilkan, mulailah pengenalan olahraga extreme Parkour ke dunia. Dengan bertumbuhnya penggunaan internet, parkour mendapatkan minat yang banyak dan menjadi semakin populer. Nama Parkour sendiri merupakan modifikasi dari istilah Le Parcours, yang digunakan oleh Raymond Belle ketika ia mulai berlatih aktivitas ini di medan rintangan militer. Anak laki-lakinya, David Belle mengubah kata parcours menjadi parkour karena ia menyukai kedengaran katanya yang lebih kuat.

Ada berbagai cara berbeda untuk berlatih Parkour, seseorang bisa melakukan gerakan akrobatik lebih banyak tetap berada di lokasi yang sama dalam berinteraksi dengan sekelilingnya atau ia bisa melakukan lari bebas dimana merupakan konsep yang sama, kecuali bahwa ia harus selalu bergerak seperti sedang mengejar seseirang. Ketika memanfaatkan kemampuan parkour dalam berlari bebas, seseorang bisa memanjat, melewati dan mencapai tempat-tempat yang orang biasa susah untuk mencapainya. Tidak ada definisi yang jelas tentang dari mana olahraga parkour menjadi lari bebas dan kedua istilah ini digunakan untuk kegiatan yang sama.

Cari tahu informasi penting lainnya seperti olahraga extreme parkour di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s