Mengetahui Daftar Kebutuhan Perlengkapan Bayi yang Baru Lahir

perlengkapan bayi yang baru lahir

sumber foto: livestrong

Orang tua menghabiskan waktu selama 9 bulan menyiapkan diri untuk membawa buah hatinya pulang ke rumah, salah satu persiapan mereka adalah menyediakan kebutuhan perlengkapan bayi yang baru lahir. Untuk itu, orang tua perlu membertimbangkan segala hal dari nama bayi hingga warna dari kamarnya. Untuk memudahkan mereka dalam melakukan persiapan ini, mereka bisa membuat jadwal atau daftar perlengkapan yang perlu dibeli dan mereka berbelanja perlengkapan tersebut.

Meskipun sudah banyak persiapan yang dilakukan, tetapi ada orang tua yang masih merasa khawatir, hal ini umumnya mengenai ketakutan bahwa merek melupakan sejumlah perlengkapan-perlengkapan penting yang merea anggap dibutuhkan oleh sang buah hati. Perlengkapan memberi makan merupakan satu dari berbagai perlengkapan penting. Bayi yang meminum susu formula membutuhkan sekitar 6 hingga 8 botol susu berukuran sekitar 120 mililiter, perlengkapan pembersih puting dan botol susu.

Kini orang tua memiliki pilihan yang luas dari botol susu bayi. Dokter bayi bisa membantu orang dalam memilih botol mana yang tepat untuk bayi. Jika ibu memutuskan akan memberikan susu ASI, maka ia akan membutuhkan bra menyusui. Suster dan dokter bayi juga bisa memberikan rekomendasi dari alat menyusui apa saja yang dibutuhkan seperti pompa payudara dan alat penyimpanan susu ASI. Selain itu, popok dan aksesorisnya menjadi perlengkapan bayi yang baru lahir selanjutnya yang perlu disiapkan.

Ibu memiliki 2 pilihan untuk menggunakan popok bayi sekali pakai atau popok kain, apa pun pilihan yang diambil, ia akan membutuhkan untuk menyiapkan popok bayi dalam jumlah yang banyak. Diperkirakan orang tua akan perlu menyiapkan sekitar 90 popok kain di minggu pertamanya hingga selanjutnya dan 350 popok sekali pakai untuk bulan pertama. Jika bayi mengenakan popok kain, bahkan jika bermaksud untuk menggunakan layanan popok, orang tua akan membutuhkan peniti popok dan ember popok bayi . Tidak hanya itu, tisu popok dan salep kulit yang direkomendasi dokter bayi juga diperlukan untuk menghindari bayi mengalami ruam popok.

Untuk pakaian bayi, orang tua bisa menyiapkan kaus atau onesie dalam jumlah cukup, 3 hingga 5 pasang kaus kaki, satu atau dua pelindung kepala yang lembut, sekitar 7 pakaian tidur dan sebagainya. Tergantung dari cuaca, bayi baru lahir mungkin membutuhkan pakaian hangat satu setelan. Kadang bayi baru lahir mungkin juga membutuhkan 1 atau 2 pakaian lucu untuk bepergian atau foto keluarga. Terakhir orang tua perlu menyiapkan termometer rektal dan tanyakan kepada dokter bayi apakan sang buah hatu membutuhkan alat perawat kesehatannya yang lain. Sisir rambut bayi, sabun ringat, gunting kuku bayi, dan lainnya.

Dapatkan sejumlah informasi pilihan lainnya seputar perlengkapan bayi yang baru lahir di Merries Indoensia.

Advertisements

One thought on “Mengetahui Daftar Kebutuhan Perlengkapan Bayi yang Baru Lahir

  1. Pingback: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir Murah yang Penting Untuk Kesehatannya | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s