Mengenal Kalkulator Kehamilan Online yang Akurat dan Metode Lainnya

kalkulator kehamilan online yang akurat

sumber foto: 192abc

Usia kehamilan atau usia dari bayi bisa diketahui dengan kalkulator kehamilan online yang akurat dan cara lainnya yang umumnya menghitung dari hari pertama dari periode menstruasi terakhir sang ibu. Karena tanggal yang tepat dari pembuahan hampir sangat sulit diketahui dengan pasti, hari pertama dari periode menstruasi terakhir digunakan untuk mengukur umur dari bayi. Perhitungan ini bisa digunakan sebagai perkiraan dari tanggal persalinan, dimana untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat bisa dengan pemeriksaan USG.Periode menstruasi terakhir, jika ibu hamil sebelumnya memiliki siklus periode menstruasi yang rutin dan mengetahui dengan tepat kapan hari pertama periode menstruasi terkahirnya, maka usia kehamilannya bisa dikalkulasi dari tanggal tersebut. Usia kehamilan dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir dan bukan dari tanggal pembuahan. Dengan pemeriksaan USG, bayi bisa diketahui usiannya paling cepat dalam 5 atau 6 minggu setelah periode menstruasi terakhir ibunya.

Mengetahui usia bayi menggunakan pemeriksaan USG merupakan perkiraan yang paling akurat di awal kehamilan. Tetapi perkiraan ini menjadi tidak begitu akurat di masa-masa akhir kehamilan. Waktu terbaik untuk mengetahui usia kehamilan menggunakan cara ini adalah antara minggu ke-8 hingga minggu ke-18 kehamilan. Cara paling akurat untuk mengetahui usia kehamilan adalah menggunakan penghitungan dari hari pertama periode menstruasi terkahir dan mengkonfirmasikan menggunakan perkiraan yang didapat dari pemeriksaan USG.

Untuk wanita yang memiliki periode menstruasi yang rutin, waktu pembuahan umumnya terjadi sekitar 11-21 hari setelah hari pertama dari masa menstruasi terakhir. Kebanyakan wanita tidak mengetahui kapan tanggal pastinya dari pembuahan karena proses ini memang sulit diketahui dengan tepat mengenai kapan ovulasi terjadi. Untuk itu, tanggal pembuahan hanya merupakan perkiraan berdasarkan dari hari pertama periode menstruasi terakhir.

Tetapi untuk wanita yang menjalani prosedur spesial, seperti pembuahan buatan atau dalam vertilisasi vitro, umumnya bisa mengetahui kapan tanggal pasti dari waktu pembuahannya. Berdasarkan dari periode menstruasi terakhir, perkiraan tanggal persalinan yang bisa didapat dari kalkulator kehamilan online yang akurat merupakan waktu 40 minggu dari hari pertama menstruasi. Ini merupakan hanya sebuah perkiraan karena hanya sekitar 5% bayi yang dilahirkan tepat pada tanggal perkiraannya.

Untuk wanita yang memiliki periode menstruasi yang tidak rutin atau wanita yang tidak mengingat kapan hari pertama dari menstruasi terakhirnya, ini akan menjadi sulit untuk mengetahui usia kehamilan menggunakan metode. Dalam hal ini, pemeriksaan USG sering digunaka sebagai kebutuhan untuk mengetahui usia kehamilan. Di berbagai kasus, merupakan hal yang sulit untuk menentukan usia kehamilan karena bayi tidak biasannya berukuran bersar atau kecil. Juga, di sejumlah kasus usia dari rahim di awal kehamilan atau ketinggian dari rahim di kehamilan akhir tidak sesuai dengan hari pertama dari periode menstruasi terakhir. Di kasus-kasus ini juga, sulit untuk mengetahui secara akurat usia kehamilan.

Pengetahuan mengenai seputar kalkulator kehamilan online yang akurat di Merries Indonesia.

Advertisements

One thought on “Mengenal Kalkulator Kehamilan Online yang Akurat dan Metode Lainnya

  1. Pingback: Cara Mudah Untuk Mengetahui Tanggal Persalinan Dengan Kalkulator Kehamilan dan Kelahiran | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s