Berastagi Jadi Lokasi Penjelajahan Alam Sekitar Medan yang Alami

penjelajahan alam sekitar medan

sumber foto: Ares Jonekson @ Flickr

Kota indah Berastagi di Dataran Tinggi Karo yang merupakan lokasi penjelajahan alam sekitar Medan dengan jarak 70 kilometer dalam perjalanan menuju Danau Toba. Kota ini berada di ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, kota dengan suhu yang sejuk ini memiliki rentang suhu antara 17 hingga 20 derajat selsius, membuat kota ini merupakan persinggahan yang menyegarkan dari panasnya suhu ibu kota Sumatera Utara. Dengan siang hari merupakan waktu yang nikmat merasakan suasana kota tetapi di malam hari akan terasa dingin.

Berastagi dibangun pada sekitar tahun 1920an dengan stasiun bukit penjajah Belanda dan kini telah menjadi lokasi akhir pekan yang terkenal untuk para penduduk Medan, bisa dianggap bahwa kota ini bagaikan kota Bandung untuk warga Jakarta. Bentang alam di kota ini didominasi oleh pandangan jauh dari asap gunung api Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Di sisi ujung barat kota ini, Bukit Gunaling menjulang di atas dataran tinggi yang ada di sekitar untuk memberikan beberapa pemandangan-pemandangan yang spektakuer dari 2 gunung api yang menjulang.

Kota Berastagi merupakan kota yang terkenal berkat bunga, sayuran dan buah-buahan serta pasarnya terus-menerus disibukan oleh banyak aktivitas jual-beli. Produk yang paling terkenal dari kota ini kemungkinan adalah Markisa. Jeruk manis merupakan produk khas lainnya yang dihasilkan oleh kota ini. Produk-produk petani Berastagi yang juga diimpor ke Singapura dan Malaysia antara lain kubis, wortel, tomat, kentang, cabe merah dan terong. Pasar lokal kota ini sering dipenuhi oleh orang-orang yang membeli produk dan berjualan. Di tempat ini juga bisa terlihat pemandangan dari kehidupan tradisional Karo dan juga segala hal dari obat ajaib dari hutan hingga sepatu bekas yang dijual.

Karena suhu kota ini cukup dingin, calon wisatawan yang ingin mengunjungi kota ini disarankan untuk membawa tambahan sweater atau jaket. Wisatawan bisa mengasah kemampuan tawar-menawar mereka ketika berbelanja di pasar tradisional. Hindari untuk mengunjungi kota ini untuk melakukan penjelajahan alam sekitar Medan di hari Minggu karena banyak wisatawan dari Medan datang ke kota Berastagi hanya untuk melakukan hiking Indonesia di Gunung Sibayak. Seperti kota lainnya di Sumatera, restoran di kota ini juga banyak menyediakan makanan-makanan pedas. Untuk merasakan pedasnya kuliner kota ini, bisa mencoba beberapa makanan lokal seperti nasi ayam dan Medan KweTyaw.

Untuk wisatawan yang tidak tertarik dengan makanan pedas, kota di Sumatera Utara ini juga memiliki banyak restoran yang menyajikan makanan-makanan barat. Sebagai kota pertanian, bahan-bahan makanan yang digunakan masih segar dan lezat. Sepanjang Jalan Veteran ada sejumlah tempat-tempat makan yang bisa ditemukan. Selain itu, wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata kuliner bisa mengunjungi kota Medan, tepatnya ke Merdeka Walk, yang merupakan kawasan kuliner di ruang terbuka yang menjadi tempat berkumpul warga lokal dengan banyak kafe dan restoran yang bisa menjadi pilihan.

Ketahui berbagai lokasi lainnya seperti penjelajahan alam sekitar Medan di Super Adventure.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s