Mengetahui Apa Saja Perawatan Bayi Baru Lahir Menurut Pandangan Islam

perawatan bayi baru lahir menurut pandangan islam

sumber foto: yesiltopuklar

Ada yang perlu diketahui sebelum mengetahui perawatan bayi baru lahir menurut pandangan Islam, yakni setelah seorang wanita telah melalui proses melahirkan bayi, ia akan berada dalam kondisi yang sangat lemah, lelah dan akan merasa sangat tidak nyaman. Wanita tersebut akan memerlukan semua bantuan yang bisa ia dapatkan dalam merawat dirinya dan juga bayi baru lahir. Perawatan setelah melahirkan sama pentingnya dengan perawatan kehamilan.

Ini merupakan masa dalam beberapa minggu pertama dimana ibu baru akan merasa sangat nyeri dan membutuhkan banyak istirahat dan ini merupakan beberapa minggu pertama dimana bayi baru lahir sangat membutuhkan ibu dan perhatiannya, sehingga menjadi sangat sulit untuk ibu baru mendapatkan waktu istirahat jika ia tidak mendapatkan pertolongan atau tidak memiliki anggota keluarga yang tinggal bersamanya. Seorang ibu butuh untuk mendapatkan perawatan diri yang bagus untuk membangun kembali kekuatannya. Sehingga ia membutuhkan banyak istirahat, nutrisi yang bagus dan bantuan selama beberapa minggu pertama.

Setuap orang tua baru secepatnya akan belajar bahwa bayi memiliki waktu menjalani kehidupannya yang berbeda dengan orang dewasa. Sudah merupakan hal yang wajar jika bayi baru lahir terbangun sekitar 3 jam dan membutuhkan untuk diberi makan, mengganti pakaian atau popok bayi dan ditenangkan. Khususnya, jika bayi ini merupakan bayi pertama, orang tua, khususnya ibu, bisa menjadi kewalahan akibat kelelahan. Sedangkan waktu tidur 8 jam penuh untuknya mungkin tidak akan didapatnya lagi selama beberapa bulan ke depan.

Di beberapa minggu pertama, perawatan bayi baru lahir menurut pandangan Islam menyatakan bahwa seorang ibu perlu dibebaskan dari segala tanggung jawabnya kecuali memberi makan bayi dan merawat dirinya. Ia disarankan untuk tidur setelah bayi sudah tertidur. Rutinitas ini mungkin berlangsung hanya beberapa menit dalam beberapa kali dalam sehari, namun istirahat puluhan menit ini bisa sedikit memperbaiki kondisi. Kurangi kelelahan dan waktu yang terbuang dengan menempatkan kasur bayi dekat kasur orang tua untuk memberi makan di malam hari.

Banyak orang tua baru menikmati kunjungan dari teman dan keluarga tetapi ibu baru tidak diperlukan untuk menghibur tamunya. Ia memiliki kebebasan untuk meninggalkan pertemuan untuk tidur siang atau memberi makan bayi. Setelah minggu kedua hingga ketiga, perkenalkan botol untuk memberi makan bayi untuk pemberian makan di malam hari, jika memilih untuk tidak memberikan ASI atau mencampurkan dengan susu formula. Dengan cara ini, orang lain (suami khususnya) bisa menjadi yang bertugas dalam memberi makan bayi dan membuat ibu bisa mendapatkan periode tidur yang lebih lama dan tidak terganggu.

Tubuh wanita sudah melalui banyak perubahan selama kehamilan, begitu juga dengan kelahiran bayinya. Ia memerlukan waktu untuk penyembuhan dan pemulihan setelah kehamilan dan kelahiran. Sebagai tambahan untuk istirahat, semua ibu memerlukan untuk bisa menjaga diet sehat untuk mempromosikan kesembuhan dan pemulihannya. Apa pun pilihan memberi makan bayi, ASI atau susu formula, semua ibu memerlukan untuk memakan makanan sehat dan diet yang seimbang. Kebanyakan ahli meyusui merekomendasikan bahwa ibu yang memberi ASI untuk langsung makan ketika ia merasa lapar.

Informasi lainnya mengenai perawatan bayi baru lahir menurut pandangan Islam di Merries Indonesia.

Advertisements

2 thoughts on “Mengetahui Apa Saja Perawatan Bayi Baru Lahir Menurut Pandangan Islam

  1. Pingback: Menyimak Panduan Untuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal di Rumah | My Blog

  2. Pingback: Menyimak Kebiasaan Pola Hidup Sehat Rasulullah SAW | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s