4 Latihan yang Efektif Dalam Senam Ibu Hamil 9 Bulan

senam ibu hamil 9 bulan

sumber foto: babycenter

Olahraga di bulan terakhir dalam trimester ketiga, seperti senam ibu hamil 9 bulan, dianggap aman jika calon ibu tidak memiliki resiko apa pun terhadap persalinan prematur. Di bulan terakhir kehamilan, dokter menyarankan ibu hamil untuk hanya boleh berolahraga jika mereka sudah melakukan rutinitas ini semenjak awal kehamilan. Seorang wanita yang berolahraga dengan waktu yang tidak menentu selama kehamilan hanya diperbolehkan untuk melakukan olahraga ringan, seperti berjalan. Diskusikan dengan dokter atau suster kehamilan untuk mengetahui apakah rutinitas olahraga bisa terus dilakukan atau tidak. Di bawah ini adalah 4 latihan untuk ibu hamil menjelang tanggal persalinannya.

Latihan dengan pengaruh yang rendah

Dalam persiapan persalinan, tubuh ibu hamil mulai menghasilkan hormon bernama ‘relaxin’ di trimester kedua dan ketiga kehamilan. Hormon ini mampu melancarkan ligamen dan sendi untuk membantu proses persalinan. Semakin lembut ligamen maka semakin tinggi resiko mengalami cedera ketika berolahraga. Di bulan terkahir kehamilan, ibu hamil perlu memilih olahraga ringan seperti berjalan dan berenang, karena kedua olahraga ini tidak memberikan tambahan tekanan kepada sendi yang tertekan.

Senam kegel

Janin yang sudah tumbuh penuh memberikan banyak tekanan terhadap dasar panggul yang membuatnya semakin lemah dan terarahkan ke kumpulan masalah seperti kebocoran urin, dasar panggul yang tidak berfungsi dan kejatuhan organ panggul. Senam panggul dalam kehamilan merupakan latihan yang mudah dilakukan dan bertujuan untuk menjaga kekuatan dari otot panggul. Untuk melakukan gerakan senam ibu hamil 9 bulan ini, ibu hamil haris mengencangkan otot panggul dengan banyak sehingga bisa menahan aliran urin. Tahan posisi ini selama 5 detik lalu kembali ke posisi semula. Ulangi latihan ini selama 10 kali dalam kurun waktu 3 kali sehari.

Latihan pilar tembok

Untuk melakukan latihan pilar tembok, ibu hamil perlu berdiri tegak menghadap tembok dan meletakkan tangannya di tembok dengan kaki terpisah dengan jarak sejajar dengan pundak. Tulang buntut mengarah menuju lantai. Lalu rendahkan tubuh menuju lantai dengan menekukkan lutut. Tahan posisi ini selama 5 detik dan akhiri dengan meluruskan kaki. Ibu hamil bisa melakukan 2 kali latihan pilar tembok dengan masing-masing terdiri dari 10 kali pengulangan.

Senam yoga

Senam yoga kehamilan merupakan pilihan yang terkenal untuk calon ibu. Ada banyak tempat yoga dan komunitas yang siap mengajarkan gerakan senam ini. Sejalan dengan masa kehamilan, calon ibu bisa melakukan latihan yoga sambil tetap menjaga batasan keamanan. Dalam melakukan gerakan posisi berdiri, selalu minta alat bantuan seperti bangku, rekan atau tembok. Teknik pernapasan yoga mampu mengatasi stres dan tensi yang membuat ibu hamil jadi merasa rileks. Senam yoga sebelum hamil juga membuat proses persalinan berjalan menjadi sedikit lebih mudah.

Dapatkan informasi seperti senam ibu hamil 9 bulan di Merries.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s