Inilah Manfaat Penjelajahan Alam Bebas Indonesia di Cagar Alam Pulau Sempu

manfaat penjelajahan alam bebas indonesia

sumber foto: backpackerindonesia

Bisa meninggalkan semua kenyamanan dari dunia modern, menyebrangi selat antara struktur beton dan kayu yang luar biasa, dan memasuki dunia alami yang megah dan menyaksikan sejumlah pemandangan yang paling misterius merupakan manfaat penjelajahan alam bebas Indonesia yang didapat di cagar alam Pulau Sempu. Terletak di pesisir selatan dari provinsi Malang di Jawa Timur, pulau ini dicatat merupakan bagian dari Desa Tambak Rejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Pulau kecil ini terletak tidak jauh dari pesisir dari Pantai Sendang Biru, kira-kira 80 kilometer dari kota Malang atau sekitar 180 kilometer dari ibu kota Jawa Timur, Surabaya. Pulau yang memiliki luas 877 hektar ini merupakan cagar alam yang dibawah penanganan dari Kantor Perlindungan Sumber Alam dari Jawa Timur dan Menteri Kehutanan Indonesia. Diresmikan menjadi cagar alam semenjak 1928 dalam masa penjajahan Belanda.

Di sepanjang pulau ini, keunggulan yang paling mengagumkan adalah laguna Segara Anakan, yang lokasinya sekitar 2.5 kilometer ke bagian selatan pulau. Tersembunyi melewati hutan tropis yang tebal, laguna dengan luas sekitar 4 hektar ini benar-benar merupakan surga yang tersembunyi dimana pasir putih pantai bertemu dengan air biru yang terpisahkan dari ombak deras dari lautan dengan pemandangan tebing bebatuan mengelilingi tempat ini.

Ombak yang menerjang masuk hanya melalui sejumlah goa yang berada di atas dan di bawah permukaan, membuat air yang ada di laguna ini tetap tetang, sehingga membuat tempat ini menjadi tempat yang sempurna untuk berenang. Lokasi yang tersembunyi juga membuat tempat ini memiliki suasana intim, dimana pantai menjadi tempat melarikan diri dengan privasi terjaga, tidak jauh berbeda dengan latar dari film Leonardo DiCaprio tahun 2000 yang berjudul The Beach.

Manfaat penjelajahan alam bebas Indonesia menanti bagi siapapun yang menginginkan untuk menjelajahi Pulau Sempu dan mengunjungi Laguna Segara Anakan. Menyembrangi selat dari Pantai Sendang biru dari pulau utama menuju Teluk Semit yang berada di pulau ini. Dari tempat tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan melakukan trekking Indonesia di jalur perjalanan sekitar 2 jam yang melalui hutan lebat dengan jalur berjalanan naik-turun, sebelum wisatawan mencapai laguna terpencil.

Meskipun perjalanan ini bukan waktu berjalan singkat, tetapi imbalan yang menanti di titik akhir merupakan sesuatu yang lebih dari sekedar pantas. Perahu dan layanan pemandu bisa tersedia di area Pantai Sendang Biru. Pulau Sempu juga memiliki tempat-tempat menarik lainnya yang menawarkan kemegahan serupa dalam Pantai Waru-Waru, Telaga Lele, Goa Macan, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, Pantai Air Segar dan Telaga Sat.

Berkemah merupakan satu-satunya pilihan yang tersedia jika ingin menginap di pulau ini karena cagar alam ini secara sengaja tidak menyediakan jenis penginapan apa apun. Jika ingin berkemah di Pulau Sempu, pastikan untuk memeriksa tempat di cagar alam ini dan menyediakan semua keperluan yang dibutuhkan dan peralatan lainnya. Perhatikan bahwa kadang monyet di pulau ini suka berkeliaran dan mencari makanan. Untuk itu, mengaman makanan merupakan pilihan yang perlu dilakuka supaya persediaan makanan tetap utuh.

Kumpulan tempat lainnya dari manfaat penjelajahan alam bebas Indonesia di Super Adventure.

Advertisements

One thought on “Inilah Manfaat Penjelajahan Alam Bebas Indonesia di Cagar Alam Pulau Sempu

  1. Pingback: Menuruni Gua Buniayu Menjadi Contoh Penjelajahan Alam Bebas Perut Bumi | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s