Kemampuan yang Terlihat Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan 2 Minggu

perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu

sumber foto: babycenter

Tanpa disadari, kini buah hati memasuki perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu dan di periode ada beberapa kemampuan yang kemungkinan dimilikinya. Yang pertama adalah kini bayi sudah bisa melambaikan tangannya dan memompa kakinya. Kedua kemampuan ini bisa dilakukan bayi karena sendi dari panggul dan lututnya sudah menjadi lebih fleksibel. Tidak hanya itu, tendangannya juga menjadi semakin kuat. Pegang bayi dalam posisi tegak dengan kakinya di lantai dan biarkan ia menekan dirinya ke bawah.

Buah hati juga bisa menggerakan kedua tangannya dan buka-tutup jari-jarinya. Di usia ini, orang tua perlu mendorong koordinasi mata dan tangannya dengan memegang sebuah mainan bayi dihadapannya dan perhatikan apakah ia akan meraihnya atau tidak. Tentu saja, memukul mainan juga merupakan kemampuan pencapaian dalam pertumbuhannya. Orang tua perlu pastikan untuk tidak menaruh mainan gantung dalam jangkauannya, karena buah hati kemungkinan tidak lama lagi bisa menariknya ke bawah.

Pada umumnya, bayi suka disentuh. Faktanya, mereka berkembang pesat berkat hal ini, dan ungkapan kasih sayang ini merupakan bagian paling penting dari pertumbuhan dan perkembangannya. Semua sentuhan kulit-ke-kulit, tidak hanya membantu memperkuat ikatan orang tua dan buah hantinya, tetapi juga mampu membuat bayi merasa nyaman ketika ia sedang kesal dan membuatnya menjadi tenang ketika ia sedang merasa tersinggung.

Latih indra sentuh bayi dalam perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu dengan menggunakan berbagai bahan seperti bulu, perasa dan kain anduk. Bayi kemungkinan akan mencoba untuk memakan apa saja, sehingga orang tua perlu memilih secara hati-hati dan jangan membiarkannya sendirian dengan segala hal yang bisa masuk ke mulutnya. Gunakan juga buku bacaan dengan adanya bagian peraba untuk melatih indra sentuh buah hati. Sentuhan, seperti rasa lembut dari sentuhan atau pijat, digendong pada panggul atau dicium di bagian hidung, merupakan cara yang ampuh untuk menenangkan atau melibatkan bayi.

Cara ini juga mungkin bisa membuat bayi menjadi lebih waspada dan membantunya untuk memiliki rentang perhatian yang lebih lama. Untuk memijat bayi secara sederhana, carilah permukaan yang hangat dan datar untuk merentangkan bayi di atas selimut yang di bawahnya terdapat lantai dengan karpet. Oleskan sedikit minyak bayi atau minyak satu di telapak tangan orang tua dan gosok kedua tangan bersama-sama untuk menghangatkan tangan dan minyak.

Ketika sedang memijat bayi, lihatlah mata bayi sambil menyanyi atau mengajaknya berbicara. Orang tua perlu memperhatikan tanggapan dari bayi. Jika ia tidak terlihat menikmati keguatan ini, coba ubah teknik memijat dengan menjadi lebih lembut atau sedikit lebih keras. Orang tua tidak perlu mengetahui gerakan spesial dari memijat bayi. Yang dibutuhkan oleh buah hati adalah sentuhan lembut dari orang tuannya.

Temukan berbagai informasi bermanfaat seputar perkembangan bayi 3 bulan 2 minggu di Merries.co.id.

Advertisements

One thought on “Kemampuan yang Terlihat Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan 2 Minggu

  1. Pingback: Menyimak Panduan Untuk Perawatan Bayi Baru Lahir Normal di Rumah | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s