Penyebab dan Cara Ibu Hamil Mengurangi Rasa Sakit Perut

ibu hamil mengurangi rasa sakit perut

sumber foto: babygaga

Salah satu petunjuk kehamilan yang banyak dicari adalah bagaimana ibu hamil mengurangi rasa sakit perut. Sakit perut merupakan masalah yang umum terjadi selama kehamilan, dengan hampir sebagian ibu hamil mengalami gejala ini. Satu dari berbagai penyebabnya adalah peningkatan dari hormon progesteron, yang mengendurkan otot lembut di seluruh tubuh, termasuk saluran pencernaan. Hal ini berarti makanan yang melalui usus bergerak lebih lambat. Masalah ini mungkin bertambah parah di bagian akhir kehamilan dengan adanya tekanan dari pertumbuhan rahim. Suplemen zat besi, yang secara khusus memiliki dosis yang tinggi, bisa membuat rasa sakit perut bertambah parah. Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi rasa sakit perut:

Ibu hamil bisa memakan makanan yang berserat tinggi seperti cereal yang terbuat dari gandum dan roti, beras merah, kacang-kacangan dan buah-buahan serta sayuran segar setiap harinya. Menambahkan 2 sendok makan dari dedak gandum yang belum diproses ke dalam sereal di pagi hari dan diikuti dengan meminum air putih juga bisa membantu, meskipun cara ini mungkin akan memakan beberapa hari sebelum pada akhirnya ibu hamil bisa merasakan perbedaan.

Selanjutnya ibu hamil diminta untuk meminum banyak air, paling tidak 6 hingga 8 gelas sehari. Satu gelas jus setiap harinya, khususnya jus kismis, juga bisa menjadi cara yang membantu. Beberapa orang juga menemukan bahwa meminum cairan yang hangat setelah bangun bisa membantu tubuh untuk bergerak. Olahraga yang rutin juga menjadi cara ibu hamil mengurangi rasa sakit perut. Jenis olahraga yang bisa dilakukan antara lain berjalan, berenang, mengendarai sepeda statis dan senam yoga, semua ini bisa mengurangi sakit perut dan membut ibu hamil merasa lebih bugar dan sehat.

Usus ibu hamil kemungkinan besar menjadi aktif setelah selesai makan, sehingga luangkan waktu untuk ke kamar mandi setelah selesai makan. Karena ibu hamil perlu mendengarkan tubuhnya sehingga mereka tidak boleh menunda ketika mereka merasa ingin ke kamar mandi. Jika multivitamin kehamilan mengandung zat besi dalam dosis tinggi dan ibu hamil tidak memiliki anemia, maka bisa meminta kepada dokter kehamilan untuk menukar suplemen yang memiliki kandungan zat besi lebih sedikit.

Biasanya sakit perut pada ibu hamil bukan merupakan masalah yang serius tetapi bisa sesekali menjadi gejala untuk terjadinya masalah lain. Jika ibu hamil merasa sakit perut menjadi lebih para maka gejala ini ditambah dengan nyeri perut, yang bergantian dengan diare atau ibu hamil mengeluarkan darah atau lendir, maka ia perlu secepatnya menghubungi suster atau dokter kandungan. Juga, ketika ibu hamil mengejan ketika sedang buang air besar atau mengeluarkan kotoran yang keras, hal ini bisa mengakibatkan atau memperburuk wasir, yang dimana terjadi pembekakan pembuluh darah di daerah dubur.

Perbanyak pengetahuan mengenai informasi lainnya seperti cara ibu hamil mengurangiĀ rasa sakit perut di Merries Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s