Informasi Sebelum Melakukan Senam Ibu Hamil Trimester 3

senam ibu hamil trimester 3

sumber foto: livestrong

Perkiraan tingkat kebugaran menandakan tingkat dari aktivitas fisik, seperti senam ibu hamil trimester 3, yang bisa dilanjutkan untuk menjalani kehamilan yang sehat. Sama halnya, tingkat aktivitas yang bisa dipertahankan hingga trimester 3, berhubungan langsung dengan intensitas, durasi dan jenis senam yang bisa dilakukan hingga saat melahirkan. Sejumlah aktivitas, seperti senam yoga dan lari, membutuhkan perubahan di trimester 3. Sebagai tambahan, gejala umum kehamilan akhir membuat ibu hamil untuk menguranginya tetapi olahraga ringan masih dimungkinkan. Diskusikan program olahraga sebelum persalinan dengan dokter atau suster kehamilan selama mengandung, khususnya ketika pernah mengalami ketidaknyamanan ketika berolahraga.

Di awal minggu ke-28 kehamilan, seorang wanita memasuki trimester 3 yang merupakan trimester kehamilan terakhirnya. Akhir kehamilan umumnya ditandai dengan kenaikan berat badan yang stabil, napas pendek, tenaga yang diperbarui dan peningkatan antisipasi dari kelahiran anak. Beberapa wanita juga mengalami ketidaknyamanan umum yang membuatnya menjadi tidak bisa beristirahat dan sulit tidur. Peningkatan berat rahim memberikan tekanan pada otot dasar panggung, yang bisa mengakibatkan kandung kemih menjadi bocor ketik batuk, bersin atau tertawa. Rahim juga bisa memberikan tekanan pada sarag siatik, yang menyebabkan linu panggul, sebuah rasa sakit yang berjalan dari bagian bawah dari paha belakang. Keram otot dan nyeri panggul merupakan 2 gejala lainnya yang terjadi hari ibu.

Sampai bayi dilahirkan selama minggu-minggu terakhir kehamilan dalam persiapan persalinan, tekanan atas dari rahim di spiral bisa membuat ibu hamil merasa bagaikan mereka selalu kekurangan napas. Melakukan latihan aerobik dalam intensitas yang rendah selama kehamilan akan meningkatkan pernapasan dan melancarkar peredatran. Dokter kehamilan umumnya merekomendasikan kegiatan berjalan, sepeda di tempat, berenang dan senam ibu hamil kepada pasien hamilnya karena olahraga memiliki pengaruh yang rendah hingga tidak ada sama sekali dan memudahkan persendian. Berenang, aerobik air atau jogging di kolam renang memiliki manfaat khusus di trimester 3.

Dahulu, ibu hamil dari semua tingkat kebugaran dan di semua trimester diberitahu untuk mengukur intensitas dari latihan aeorbik oleh jatung dan tidak melewati 140 menit. Rekomendasi dari panduan di tahun 2011 adalah menggunakan secara Borg dalam tenaga yang dirasakan atau RPE, grafik untuk memperhatikan dan mengatur intensitas. Skala ini berjalan 6 hingga 20 kali, atau sesuai dengan tidak ada tenaga hingga tenaga maksimal. Jika dokter kehamilan belum memberikan batasan olahraga, maka jaga usaha kebugaran antara 12 hingga 15, atau sangat ringan hingga cukup berat. RPE mengkompensasi kondisi tubuh, apa yang terasa ringan di trimeser pertama kemungkinan akan terasa berat di trimester 3.

Olahraga-olahraga tertentu seperti senam ibu hamil trimester 3 merupakan sesuatu yang bermanfaat khususnya bermanfaat di trimester terakhir dengan proses persalinan dan kelahiran bayi tidak lama lagi akan dilakukan. Senam kegel, yang menguatkan dan menyehatkan otot dasar panggul yang menunjang kandung kemih, usus dan rahim, merupakan kegiatan yang aman dan penting untuk semua ibu hamil, bahkan untuk mereka yang direkomendasikan untuk beristirahat.

Panduan lengkap mengenai informasi senam ibu hamil trimester 3 di Merries.co.id.

Advertisements

One thought on “Informasi Sebelum Melakukan Senam Ibu Hamil Trimester 3

  1. Pingback: 4 Latihan yang Efektif Dalam Senam Ibu Hamil 9 Bulan | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s