Mengenal Apa yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan Lebih

perkembangan bayi 3 bulan lebih

sumber foto: babycenter

Meskipun bayi telah bisa mengenal orang tuannya sejak ia usianya baru beberapa hari, tetapi di perkembangan bayi 3 bulan lebih mereka akhirnya bisa menunjukkan ekspresi bahwa ia mengenal ayah dan ibunya. Sekitar lebih dari setengah bayi di usia ini mulai memiliki menunjukkan pengenalan yang nyata kepada orang tuannya. Kebanyakan waktu bayi masih akan tersenyum kepada orang lain, khsusnya ketika mereka melihatnya lnagsung dimatanya dan mendekut atau berbicara dengannya.

Tetapi bayi usia 3 bulan lebih mulai untuk mengelompokkan siapa saja yang akan selalu ada di kehidupannya dan ia akan dengan pasti memilih orang tua dan beberapa anggota keluarga lain. Bayi mungkin akan terdiam dan menatap mata orang tuannya atau ia mungkin akan mencari orang tuannya di dalam kamar dan menggerakkan tangannya sebagai ungkapan rasa senang atau tersenyum ketika ia berhasil menemukan orang tuannya. Bayi bahkan menganggap bau orang tuannya sebagai bau yang bisa menenangkan dan membuatnya nyaman.

Ada dorongan besar yang terjadi di perkembangan otak bayi yang bersamaan dengan perubahan perilaku yang signifikan. Bayi akan lebih menyesuaikan diri ke dunia luar dan menjadi lebih sensitif terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Bagian dari otak, yang mengatur koordinasi tangan dan mata akan membuat bayi bisa mengenal benda-benda, sedang mengalami perkembangan yang pesat. Pendengaran, bahasa dan penciumannya juga telah menjadi lebih menerima dan aktif. Ketika bayi mendengar suara orang tuannya, ia mungkin akan melihat langsung ke orang tuannya dan mulai mendenguk atau mencoba untuk menjawab apa yang dibicarakan oleh orang tuannya.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa bayi yang orang tuannya terus-menerus mengajak mereka berbicara, memiliki nilai IQ yang secara signifikan lebih tinggi dan memiliki kosa kata lebih besar ketika mereka dewasa dibandingkan dengan anak lain, sama hal dengan interaksi yang secara khusus sangat penting bagi bayi usia 3 bulan. Dirikan dasar yang kuat dengan memperkenal bayi dengan beragam kata-kata yang akan bermanfaat baginya di masa depan.

Membantu perkembangan bayi 3 bulan lebih, orang tua bisa mengajak buah hatinya berbicara mengenai hal-hal di sekelilingnya ketika mengajaknya berjalan-jalan di taman, dan menunjuk serta mengidentifikasi benda ketika sedang berkeliaran di super market. Meskipun bayi masih belum bisa mengulangi kata-kata yang diucapkan orang tuannya tetapi ia akan menyimpan semua informasi di dalam ingatan yang sedang berkembang dengan pesat.

Jika di rumah orang tua berbicara menggunakan 2 bahasa, maka bayi akan mendapatkan manfaat dari mendengarkan 2 bahasa yang diucapkan secara rutin. Orang tua tidak perlu khawatir jika beberapa dari kemampuan verbalnya terlihat ketinggalan di awal-awal. Tetapi lama-kelamaan ia akan mengejar ketertinggalan, sekaligus bayi usia 3 bulan ini juga akan unggul dalam kemampuan bahasa secara umum.

Cari tahu informasi seputar perkembangan bayi 3 bulan lebih di Merries.co.id.

Advertisements

2 thoughts on “Mengenal Apa yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan Lebih

  1. Pingback: Kemampuan yang Terlihat Pada Perkembangan Bayi 3 Bulan 2 Minggu | My Blog

  2. Pingback: Mengetahui Dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan Sudah Bisa Apa Saja | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s