2 Gerakan Latihan Perut Sebagai Senam Ibu Hamil 5 Bulan di Rumah

senam ibu hamil 5 bulan di rumah

sumber foto: pregnancyworkouts

Latihan perut, yang termasuk ke dalam bagian dari senam ibu hamil 5 bulan di rumah, berfokus dalam melatih otot perut atau otot bagian dangkal dalam daerah perut. Selama bulan ke-5 kehamilan, daerah ini mulai membesar dengan cepat dibandingkan dengan awal-awal bulan dari kehamilan. Dengan perut semakin membesar, ada tekanan yang diterima pada jalur, yang dikenal sebagai garis perut ibu hamil, yang memisahkan antara otot perut sebelah kanan dengan otot perut sebelah kiri. Lakukan secara perlahan ketika melakukan latihan perut untuk menghindari tambahan tekanan pada jaringan pengikat ini.

Hindari gerakan senam yang membahayakan bayi atau menyebabkan peregangan antara otot perut dengan memilih latihan perut yang berkonsentrasi pada otot perut dalam. Gerakan senam apa pun yang membutuhkan ibu hamil untuk berbaring mungkin bisa membahayakan ibu hamil dan sang bayi, karena berat dari bayi menekan secara langsung ke vena cava, pembuluh darah besar yang mengembalikan darah ke hati dan membatasi aliran darah. Dengan kebanyakan latihan inti perut dalam dianggap aman selama bulan ke-5 kehamilan, tetapi ibu hamil perlu mendengarkan tubuhnya dan berhenti pada gerakan apa pun yang terasa tidak akan dan menyebabkan ketegangan di bagian bawah punggung. Di bawah ini adalah 2 gerakan senam yoga yang aman untuk melatih otot perut.

Memiringkan panggul

Dengan melakukan gerakan memiringkan panggul, bisa menguatkan otot perut dan mengurangi sakit punggung yang berhubungan dengan pertumbuhan pesat dari bayi. Lakukan gerakan senam ibu hamil 5 bulan di rumah ini ketika sedang berdiri membelakangi tembok atau ketika tangan dan lutut dalam posisi berlutut. Jika lebih nyaman dalam posisi berdiri, maka berdiri dengan punggung berhadapan dengan tembok dan kencangkan otot perut sambil memiringkan panggul ke depan sampai bengkokan dari bawah punggung dalam posisi datar dengan tembok. Dalam melakukan gerakan ini menggunakan tangan dan lutut, tempatkan tangan secara langsung di bawah pundah, dengan meluruskan tangan. Kencangkan otot perut sambil memiringkan panggul ke depan dan sedikit membukukkan punggung. Tahan kemiringan panggul sampai 5 atau 10 detik lalu istirahat. Lakukan gerakan ulang memiringkan panggul ini selama 10 hingga 15 kali dan lakukan gerakan ini 2 kali dalam sehari.

Memijak samping

Gerakan ini juga membantu dalam mendukung pertumbuhan bayi dan mengurangi sakit punggung dengan menguatkan otot miring di sisi dari perut. Gerakan senam ibu hamil ini dimulai dengan berbaring pada sisi kiri tubuh lalu lutut sedikit dibengkokkan dan tangan kiri sedikit berada di depan tubuh untuk menjaga keseimbangan tubuh. Tempatkan tangan kanan di belakang kepala dan angkat lutut kaki kanan setinggi mungkin, coba sentuhkan siku ke lutut. Ulangi gerakan ini sampai 25 kali pengulangan atau sampai tulang miring merasa lelah. Lalukan jumlah gerakan yang sama dengan berbaring pada sisi kanan tubuh.

Kumpulan informasi pilihan seperti senam ibu hamil 5 bulan di rumah di Merries.co.id.

Advertisements

One thought on “2 Gerakan Latihan Perut Sebagai Senam Ibu Hamil 5 Bulan di Rumah

  1. Pingback: Informasi Sebelum Melakukan Senam Ibu Hamil Trimester 3 | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s