Mengetahui Bagaimana Cara Memilih Mainan Bayi 6 Bulan yang Aman

mainan bayi 6 bulan yang aman

sumber foto: cmikaelphotography.wordpress

Dengan bayi memasuki usia 6 bulan, ia mulai menemukan betapa menyenangkan bisa bermain dengan tangannya, tetapi orang tua perlu mengetahui bagaimana cara memilih mainan bayi 6 bulan yang aman sekaligus meransang perkembangannya. Usia ini merupakan waktu dimana bayi mulai menghisap jari-jarinya atau menggunakan tangannya untuk menggenggap apa pun yang berada di jangkauannya. Bayi akan tidak lama lagi belajar mengenai bagaimana ia bisa memindahkan mainan dari tangan kanan ke tangan kiri dan sebaliknya dan juga bagaimana cara untuk memutar pergelangan tangannya. Di usia ini juga bayi suka memasukan apa pun ke dalam mulutnya. Untuk alasan ini, penting untuk memilih mainan yang bisa dikunyah.

Mainan diperlukan untuk memberikan kesenangan dan juga merupakan bagian penting dari kehidupan bayi. Namun, setiap tahunnya, ada banyak laporan kejadian berbahaya di rumah sakit yang berhubungan dengan mainan. Tersedak merupakan salah satu bahaya yang paling umum yang berhubungan dengan mainan khususnya pada anak-anak berusia 3 tahun dan di bawahnya. Sehingga orang tua harus sangat hati-hati dalam memilih mainan untuk bayi. Ada beberapa petunjuk yang bisa diikuti dalam membeli mainan bayi.

Setiap mainan yang dibuat di pabrik harus tahan api, setiap boneka mainan bisa dicuci atau dibersihkan, semua mainan yang diwarnai harus dilapisi dengan keutamaan bebas cat, dan semua bahan dari mainan seni harus tidak beracun. Orang tua harus selalu memastikan bahwa mereka membaca petunjuk yang ada di mainan untuk mempelajari mengenai umur yang sesuai dan direkomendasikan untuk mainan tersebut. Selain itu, gunakan penilaian pribadi dalam mempertimbangkan watak, perilaku dan kebiasaan bayi. Perlu diingat bahwa tingkat usia pada mainan ditentukan berdasarkan faktor keselamatan dan tidak sepenuhnya mengenai kemampuan bayi dalam bermain dengan mainan tersebut.

Orang tua diperlukan memilih mainan yang sudah cukup besar untuk sang buah hatinya. Hal ini untuk menghindari mainan tersebut ditelan oleh bayi atau tersangkut di tenggorokkannya. Ukuran mainan yang dianjurkan adalah yang memliki diameter 3 cm dan panjang 6 cm. Hindari mainan yang berbentuk koin, kelereng dan bola yang memiliki ukuran diameter 4.4 cm atau kurang karena mainan ini bisa dengan mudah masuk ketenggorokkan dan bisa menyebabkan bayi tersedak.

Tips memilih mainan bayi 6 bulan yang aman selanjutnya adalah mainan yang beroperasi menggunakan baterai harus memiliki lubang baut untuk mengamankan kotak beterai dan untuk menghindari bayi bisa menemukan baterai yang ukurannya bisa ditelan ke dalam mulut bayi. Pastikan bahwa orang tua memeriksa apakah mainan mudah rusak dan kekuatannya dalam bertahan jika nantinya bayi mengunyah mainan tersebut. Selain itu, orang tua perlu memeriksa sudut tajam atau bagian-bagian kecil yang bisa ditarik dan kemungkinan masuk ke dalam mulut bayi. Hindari mainan yang memiliki tali lebih dari 18 cm dan juga bagian yang bisa menjepit jari bayi yang masih kecil.

Temukan banyak petunjuk lainnya mengenai mainan bayi 6 bulan yang aman di Merries.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s