Pilihan Senam Ibu Hamil 8 Bulan yang Direkomendasikan

senam ibu hamil

sumber foto: momjunction

Calon ibu yang akan sering membayangkan mengenai proses kelahiran bayi seperti berapa lama proses tersebut, berapa banyak rasa sakit yang akan ia alami dan bagaimana proses penyembuhannya, tetapi sebelum mengetahui jawabannya ada cara yang bisa membuat ibu yang mengandung sedikit tenang yakni mengikuti salah satu dari pilihan senam ibu hamil 8 bulan ini. Dengan banyak dokter merekoemndasikan bahwa senam ibu hamil bisa membantu sepaya proses kelahiran bayi akan berjalan selancar mungkin. Senam-senam ini, yang dilakukan selama kehamilan, bisa mempersiapkan tubuh untuk proses kelahiran dan persalinan, dan dengan melakukan senam ibu membuat waktu penyembuhan menjadi tepat.

Senam kegel

Untuk melakukan senam kegel, latih dengan memberhentikan aliran dari urin di pertengahan aliran. Otot-otot yang digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah otot-otot yang dipelukan untuk digunakan selama senam kegel. Ketika melakukan senam ini, gunakan otot-otot ini yang berada di area dari vagina dan rektum. Tahan penggunaan otot-otot ini selama sekitar 5 detik lalu kembalikan posisinya. Ulangi gerakan ini untuk kumpulan dari 8 hingga 10 kali penggunaan. Ulangi kumpulan gerakan ini dengan kumpulan dari senam yang cepat digunakan dan dikembalikan di tempat yang sama. Lakukan 20 gerakan senam kegel cepat untuk kumpulan ini.

Lakukan hingga kumpulan ganda dari setiap jenis dari senam kegel. Dengan melakukan ini, ibu hamil akan menguatkan otot-otot di dalam dan di sekitar vagina, rahim, kandung kemik dan rektum. Senam ini bisa membuat proses persalinan berjalan lebih lancar, mengurangi peluang terkena wasir dan mempercepat waktu penyembuhan setelah melahirkan.

Senam kardiovaskular

Persalinan merupakan proses yang membutuhkan penggunaan fisik tubuh. Umumnya, melakukan latihan senam kardiovaskular sebelum waktu persalinan bisa membangun stamina dan membantu tubuh ibu hamil untuk mempersiapkan menjelang proses persalinan. Senam kardiovaskular, kadang-kadang disebut dengan senam aerobik, bisa meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Pilihlah latihan senam ibu hamil 8 bulan ini yang berdampak rendah untuk mengurangi resiko mengalami cedera. Beberapa aktivitas yang direkomendasikan dalam senam ini adalah berjalan, berenang dan bersepeda di tempat. Konsultasikan kepada dokter kandungan untuk memastikan bahwa program senam yang akan dilakukan ini aman untuk ibu hamil dan bayinya.

Senam yoga

Senam ini mampu meningkatkan kelenturan dan membantu dalam relaksasi. Berbagai posisi senam yoga dan perenggangannya bisa membantu ibu hamil secara spesifik dengan menggunakan bagain-bagian tubuh yang akan digunakan selama proses persalinan dan melahirkan. Beberapa gerakan-gerakan senam yoga termasuk jongkok dan memiringkan panggul. Ibu hamil bisa melakukan gerakan peregangan yang bernama ‘cobbler pose; yang akan membantu dalam membuka dan melenturkan daerah panggul. Duduk dengan punggung menyentuh tembok dan kaki diluruskan di lantai. Dekatkan kedua kaki hingga keduanya bersentuhan lalu bengkokkan lutut. Tahan posisi ini dan gunakan tangan untuk secara perlahan mendorong lutut menuju lantai. Dalam senam ini jangan sampai ibu hamil memaksakan diri, hanya gunakan gerakan-gerakan ringan dan berhenti jika terasa sakit atau tidak nyaman.

Dapatkan informasi lainnya mengenai senam ibu hamil 8 bulan di Merries.co.id.

Advertisements

One thought on “Pilihan Senam Ibu Hamil 8 Bulan yang Direkomendasikan

  1. Pingback: Informasi Sebelum Melakukan Senam Ibu Hamil Trimester 3 | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s