Apakah Aman Untuk Ibu Hamil Makan Durian?

ibu hamil makan durian

sumber foto: lifehack

Sebagai raja dari semua buah dan buah yang banyak disukai di Asia Tenggara, sehingga munculah pertannyaan apakah aman untuk ibu hamil makan durian? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh calon ibu dari bagian benua Asia tersebut yang banyak menggemari buah ini tapi khawatir jika memakan durian akan memiliki pengaruh buruk terhadap kehamilan dan calon bayinya. Jawaban dari pertanyaan tersebut menurut para dokter adalah ibu hamil masih aman jika makan durian tetapi jumlah mengkonsumsinya perlu dikurangi.

Hal ini dikarenakan durian memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang sangat tinggi. Buah in juga merupakan makanan yang kaya akan glikemik seperti cokelat dan roti putih. Yang dimana, merupakan makanan yang disarankan untuk ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes turunan atau sejarah dari anggota keluarga untuk menghindari makan durian atau makanan lain yang mengandung gula dan karbohidrat dalam tingkat tinggi seperti kue cokelat, minuman bersoda, makanan penutup, dan makanan-makanan manis.

Makanan yang kaya akan glikemik bisa ditemukan dalam makanan-makanan yang umumnya manis, bergula dan mengandung zat tepung. Menurut sebuah laporan dari British Journal of Obstetrics and Gynaecology, mengonsumsi makanan kaya Glikemik selama trimester terakhir dari kehamilan, membuat adanya kemungkinan lebih tinggi untuk ibu hamil melahirkan bayi yang lebih berat dengan resiko lebih besar bahwa sang anak mengalami obesitas. Untuk itu, untuk ibu hamil yang menyukai buah durian, ia harus mengonsumsinya dalam jumlah terbatas selama masa kehamilannya.

Bayi dan tubuh ibu hamil hanya membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang tepat dan hanya itu saja. Ada 3 nutrisi utama yang dibutuhkan bayi yakni zat besi, yodium dan folat, beserta jumlah yang cukup dari vitamin, serat, mineral dan anti oksidan. Ada banyak buah-buahan yang tersedia, selain buah durian, yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus. Buah-buah tersebut antara lain jeruk, alpukat, berri, aple dan masih banyak lagi.

Mengenai manfaat dari ibu hamil makan durian, banyak penelitian yang menemukan bahwa buah ini mungkin bermanfaat untuk ibu yang mengandung. Hal ini dikarenakan 2 mineral yang ada di durian yakni organosulfur dan tryptophan, yang memiliki efek anti oksidan yang bagus dan juga anti bakteri dan anti jamur. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan apakah durian merupakan makanan yang aman atau tidak aman untuk dikonsumsi saat masa kehamilan. Untuk itu, penting untuk mengonsumsi durian dalam jumlah yang lebih sedikit karena kandungan gula dan karbohidrat yang ada di dalamnya.

Seorang dokter bernama Dr. Caroline Tirtajasa Sp. OG, juga menyebutkan bahwa mengonsumsi durian untuk ibu hamil masih aman. Tetapi hanya untuk ibu hamil yang tidak memiliki penyakit maag. Karena durian bisa memproduksi gas di perut. Sedangkan untuk ibu hamil yang memiliki penyakit maag, hal ini kadang-kadang bisa menyebabkan perasaan kembung dan mual. Karena penyakit maag yang dideritannya akan kambuh dan bisa mengganggu kehamilan.

Informasi pilihan yang lengkap selain ibu hamil makan durian di merries.co.id.

Advertisements

3 thoughts on “Apakah Aman Untuk Ibu Hamil Makan Durian?

  1. Pingback: Penyebab dan Cara Ibu Hamil Mengurangi Rasa Sakit Perut | My Blog

  2. Pingback: Mengetahui Pengaruh yang Terjadi Jika Ibu Hamil Makan Pedas | My Blog

  3. Pingback: Mengungkap Mitos Mengenai Bahaya Dari Ibu Hamil Minum Es | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s