Cerita Indahnya Alam Indonesia yang Dimiliki Oleh Taman Laut Bunaken

cerita indahnya alam indonesia

sumber foto: visitindonesia

Dengan 82% dari daerahnya merupakan lautan, maka bisa diharapkan ada sejumlah cerita indahnya alam Indonesia yang berhubungan dengan daerah tersebut. Berkat luasnya, negara ini memiliki kehidupan laut yang berbeda-beda dan juga potensi dari lautnya. Salah satu daerah yang menawarkan keindahan laut adalah Bunaken, yang merupakan sebuah pulau yang berada di Manado, Sulawesi Utara. Pulau ini memiliki tempat wisata, yakni Taman Laut Bunaken, yang diresmikan di tahun 1991 dan telah didaftarkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Untuk mencapai Taman Laut Bunaken, wisatawan bisa menggunakan perahu menuju tempat tersebut dalam 1 jam perjalanan dari dermaga Calaca di Manado, atau dengan perahu motor sederhana. Perjalanan ini memakan biaya sekitar Rp.500.000 hingga Rp.750.000 untuk satu kelompok. Untuk bisa masuk ke dalam taman, wisatawan perlu membayar biaya masuk sebesar Rp.25.000. untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan luar negeri, biaya masuknya adalah Rp.50.000.

Salah satu ritual langka yang harus dicoba ketika mengunjungi Bunaken adalah melihat ikan lumba-lumba yang muncul di lautan terbuka. Untuk bisa mendapatkannya, wisatawan bisa menyewa perahu motor dan meminta kepada pengendara untuk membawa ke tempat dimana banyak ikan lumba-lumba muncul di permukaan laut, tepatnya di perairan Siladen, yang masih berada di Taman Laut Bunaken. Ritual ini akan membuat wisatawan menjadi terpukau dengan kecerdasan dari tingkah laku ikan lumba-lumba yang melompat-melompat di sekitar perahu sambil menemani perjalanan.

Biasannya jumlah ikan lumba-lumba yang muncul dipermukaan tidak hanya 1 atau 2 ekor tetapi mencapai 30 hingga 40 ekor. Sayangnya, munculnya ikan lumba-lumba ini sulit untuk diprediksi karena ikan ini selalu datang secara dadakan dan tidak diketahui untuk berapa lama mereka akan muncul di permukaan laut. Sering kali wisatawan perlu menunggu hingga seharian untuk melihat atraksi yang langka ini. Oleh karena itu, wisatawan perlu menyewa layanan yang diberikan oleh pemandu lokal yang sudah mengetahui kapan waktu ikan lumba-lumba muncul dan lokasi dimana ikan lumba-lumba tersebut akan muncul.

Untuk wisatawan yang ingin mendengar cerita indahnya alam Indonesia yang lebih menyenangkan dari pengalaman liburan di Bunaken, maka cerita tentang hutan bakau lah temanya. Hutan bakau ini sangat penting dan memiliki funggsi sebagai pelindung pantai dari abrasi. Ada lebih dari 30 jenis dari pohon bakau yang tumbuh di hutan ini. Sebagai tambahan, ada daerah yang ditutupi oleh rerumputan lautt yang berada di sepanjang laut yang melindungi daerah seluas 23000 hektar di Pulau Arakan-Wawontulap Nain.

Seperti hutan bakau lainnya, hutan bakau di daerah Manado Tua di Bunaken juga merupakan tempat tinggal dari hewan-hewan langka yang terancam punah seperti monyet hitam dan possum. Tidak hanya itu, ada juga sebuah hewan yang memiliki berat hanya 10 gram, yang biasanya bisa ditemukan di Pulau Mantehage. Belum lagi, fauna laut seperti udang, kepiting, burung bangau dan burung dara laut yang juga berada di sekitar hutan bakau Bunaken.

Berbagai informasi lainnya mengenai cerita indahnya alam Indonesia di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

3 thoughts on “Cerita Indahnya Alam Indonesia yang Dimiliki Oleh Taman Laut Bunaken

  1. Pingback: Tempat-Tempat yang Bisa Dikunjungi Untuk Melihat Keindahan Biota Laut Indonesia | My Blog

  2. Pingback: Danau Tamblingan Menjadi Bukti Indahnya Alam Indonesia di Bali yang Mistis | My Blog

  3. Pingback: Bangga Dengan Indahnya Alam Indonesiaku di Pulau Waigeo | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s