Nikmati Keindahan Alam Laut Indonesia di Pulau Tunda

keindahan alam laut indonesia

sumber  foto: Aldian Silalahi

Meskipun Pulau Tunda yang merupakan salah satu bentuk tempat wisata yang memiliki keindahan alam laut Indonesia bukan merupakan tempat wisata utama dari provinsi Banten yang tidak setenar Taman Nasional Ujung Kulon, resor Tanjung Lesung dan Komplek Banten Lama tetapi pulai ini menyimpan daya tarik yang berbeda dari tempat-tempat yang berada di sekitarnya tersebut. Dianggap sebagai harta karun yang tersembunyi, pulau ini bisa ditemukan berada di pesisir utara dari Teluk Banten.

Secara resmi menjadi bagian kabupaten Serang, Pulau Tunda merupakan pulau kecil yang mempesona dan dikelilingi oleh keajaiban-keajaiban bawah laut yang indah. Dari kota Serang, ibu kota dari provinsi Banten, pulau ini bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 2 jam menggunakan perahu dari dermaga Karangantu. Memiliki ombak yang cukup tenang, laut yang berada disekitar pulau diisi oleh terumbu karang yang melimpah dengan warna, bentuk dan ukuran yang beragam.

Ikan badut atau ikan yang cukup dikenal dari film Finding Nemo bisa ditemukan dengan mudah di pulau ini, karena wisatawan akan memiliki banyak kesempatan untuk bertemu dengan ikan badut dan juga mahkluk bawah laut lainnya. Antara bulan Juli hingga September, wisatawan yang mengunjungi pulau ini juga bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat lumba-lumba yang melakukan migrasi dan kadang-kadang sekelompok ikan ini terlihat memutari pulau ini.

Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini yakni snorkeling dan diving Indonesia, Pulau Tunda juga merupakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk memancing. Wisatawan bisa menggunakan peralatan memancing yang paling canggih atau perlengkapan memancing yang sederhana, atau melakukannya dengan cara yang tradisional yakni dengan tali sambungan dan menggunakan kekuatan murni diri sendiri dari otot, sambil merasakan sensasi berduel dengan ikan besar seperti Gian Trevally dan ikan besar lainnya yang tentu saja akan menjadi suatu kebanggan untuk bisa menaklukan ikan jenis tersebut di mata pecinta kegiatan memancing.

Keindahan alam laut Indonesia pulau ini juga digambarkan dalam pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler yang menggambarkan panorama yang mempesona dan suasana tenang yang mampu memikat hati setiap wisawatan yang merasakannya. Pulau Tunda memiliki luas daerah seiktar 257,5 hektar dan dicatat secara resmi hanya memiliki 1 desa yakni Desa Wargasara. Pulau ini belum banyak memiliki fasilitas pariwisata, namun dengan semakin banyaknya wisatawan yang mengunjungi pulau ini, sejumlah rumah dari warga lokal sudah diubah menjadi rumah tamu.

Biaya menginap di rumah tamu warga lokal berkisar dari Rp.300.000 hingga Rp.500.000. Ada satu lagi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi yakni pusat pembuatan perahu yang dimana wisatawan bisa menyaksikan bagaimana perahu kayu tradisional diciptakan seluruhnya menggunakan tangan.

Perbanyak pengetahuan mengenai keindahan alam laut Indonesia di SuperAdventure.co.id.

Advertisements

2 thoughts on “Nikmati Keindahan Alam Laut Indonesia di Pulau Tunda

  1. Pingback: Raja Ampat Menjadi Pilihan Diving Indonesia December yang Memuaskan | My Blog

  2. Pingback: Salah Satu Lokasi Diving Indonesia Best Sites Papua Adalah Teluk Triton | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s