Sejumlah Manfaat Melakukan Senam Ibu Hamil Muda

senam ibu hamil muda

sumber foto: healthypregnancy

Banyak ibu hamil tidak memahami dengan jelas apa sebenarnya senam ibu hamil muda, dan juga apa manfaat yang bisa mereka dapat dengan melakukan aktivitas ini. Senam kehamilan merupakan aktivitas dimana wanita yang sedang mengandung melakukan gerakan-gerakan spesifik yang ditujukkan untuk kesehatan dirinya dan bayi yang ada di dalam janin. Aktivitas-aktivitas ini umumnya membantu ibu hamil untuk mempersiapkan dirinya secara fisik dan mental untuk menghadapi persalinan.

Manfaat melakukan senam selama kehamilan

Karena manfaat-manfaat yang dimiliki oleh senam kehamilan ini, maka tidak heran jika banyak rumah sakit atau rumah bersalin menawarkan program senam untuk ibu hamil yang sedang mengandung. Apa sebenarnya manfaat yang bisa didapat oleh ibu hamil melakukan program senam ini? Secara garis besar, ada 2 jenis manfaat yang akan dirasakan oleh ibu hamil. Manfaat yang didapat ketika sedang hamil, dalam persalinan dan setelah melahirkan. Berikut ini adalah manfaat melakukan senam untuk kehamilan:

– Mengurangi rasa sakit

Perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan dan bertambahnya usia dari janin, contohnya seperti membesarnya perut, akan secara langsung memberikan beban tambahan di tubuh, sehingga ibu hamil akan sering merasa nyeri di bagian pinggul, nyeri punggung, pembengkakkan di kaki, timbulnya varises, dan merasakan kelelahan yang berlebih. Hampir semua rasa masalah tubuh ini bisa diatasi dengan melakukan senam ibu hamil muda secara rutin.

– Menguatkan kelenturan otot perut

Dengan janin yang terus berkembang, bersama dengan membesarnya perut, berkurangnya kelenturan dari otot sekitar perut sering mengakibatkan rasa nyeri di bokong, daerah perut bagian bawah, hingga adanya gangguan susah buang air besar yang bisa berdampak pada timbulnya wasir. Senam bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk membantu mereka untuk menguatkan kelenturan dari otot-otot yang berada di sekitar perut.

Manfaat melakukan senam untuk persalinan

Apa saja manfaat bagus dari melakukan senam kehamilan untuk persalinan yang akan dilakukan di akhir kehamilan? Selain bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri selama kehamilan. Senam kehamilan dianggap sangat bermanfaat untuk persalinan. Di bawah ini adalah manfaat yang diberikan oleh senam kehamilan untuk persalinan.

– Memberikan pelatihan untuk menguasai teknik bagus dan teknik pernapasan yang benar selama persalinan

Teknik yang diajarkan umumnya berguna ketika saat wajah ibu hamil membutuhkan tambahan oksigen untuk mempercepat proses persalinan. Semakin baik teknik pernapasan dimiliki oleh ibu hamil, maka akan semakin cepat berjalanannya proses persalinan.

– Memudahkan proses persalinan

Gerakan-gerakan yang dimiliki oleh senam kehamilan juga bertujuan untuk melatih otot-otot tubuh untuk memfasilitasi proses persalinan. Sehingga ibu hamil yang menjalankan program senam ini bisa mengharapkan ia tidak akan mengalami kesulitan ketika proses persalinan sedang berlangsung.

– Menyediakan latihan relaksasi

Manfaat yang didapat tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara mental. Inilah dimana kepentingan dari latihan relaksasi yang ibu hamil tidak merasa tegang dalam menghadapi proses persalinan.

Cari tahu lebih banyak tentang senam ibu hamil muda di merries.co.id.

Advertisements

2 thoughts on “Sejumlah Manfaat Melakukan Senam Ibu Hamil Muda

  1. Pingback: Pilihan Senam Ibu Hamil 8 Bulan yang Direkomendasikan | My Blog

  2. Pingback: 2 Gerakan Latihan Perut Sebagai Senam Ibu Hamil 5 Bulan di Rumah | My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s