Segala yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Dalam Kandungan

Perkembangan Bayi 4 Bulan Dalam Kandungan

sumber foto: glamour

Disebut sebagai bulan yang cukup sunyi, peristiwa pada perkembangan bayi 4 bulan yang merupakan pengalaman yang paling luar biasa dari trimester kedua adalah perasaan bayi yang bergerak di rahim. Akhirnya, ibu hamil memiliki bukti yang nyata bahwa ia benar-benar sedang hamil. Kebanyakan wanita merasa sangat senang ketika mereka merasakan gerakan-gerakan ini. Kini ibu hamil bisa dengan nyaman mengungkapkan kepada orang-orang tentang kehamilannya. Sang suami dan anggota keluarga menjadi lebih terlibat saat ini, karena kehamlan dianggap terasa semakin nyata oleh mereka. Bulan ini adalah waktu yang bagus untuk berlibur dengan suami sambil menikmati kehamilan.

Kehamilan 4 bulan, ibu hamil akan merasa bahwa pakaian-pakaian yang dikenakannya semakin sempit. Dengan memasuki minggu ke-16, garis pingganya akan menghilang. Di minggu ke-17, bagian atas dari rahimnya berada di pertengahan antara tulang kemaluan dan pusar. Ibu hamil dilarang memaksakan dirinya mengenakan pakaian yang sudah ketat. Gunakan ini sebagai alasan untuk berbelanja pakaian yang lebih longgar dan terasa nyaman.

Perkembangan bayi 4 bulan dalam kandungan merupakan bulan yang menyenangkan karena untuk pertama kalinya ibu hamil bisa merasakan gerakan bayi di dalam perutnya. Perasaan ini akan dimulai seperti perasaan adanya kupu-kupu di dalam perut. Gerakan-gerakan ini disebut dengan quickening. Percaya atau tidak, bayi yang ada di dalam kandungan akan terbentuk secara penuh di minggu ke-16.

Di bulan ini, janin akan mulai naik hingga ke perut, dan oleh karena itu kunjungan ke kamar mandi akan berkurang. Rasa mual, yang dahulu dan mungkin masih dirasakan, juga akan berkurang. Jantung ibu hamil di kehamilan 4 bulan akan memompa 20% lebih banyak darah dari biasannya, untuk mengirimkan lebih banyak oksigen yang dibutuh oleh bayi. Beberapa gejala di bulan ini mungkin akan sama dengan gejala seperti bulan lalu.

Perasaan mulas merupakan gejala baru di bulan ini. Perasaan mulas merupakan rasa terbakar yang dirasakan di dada yang disebabkan oleh asam yang ada di perut naik melalui kerongkongan. Dalam kehamilan, hormon menyebabkan katup yang berada di atas perut menjadi rileks, yang membuat asam perut untuk masuk kembali melalui kerongkongan. Hal ini semakin diperparah dengan tekanan yang membesar di tempat rahim di dalam perut.

Perasaan mulas akan semakin buruk ketika ibu hamil sedang berbaring. Ibu hamil bisa mencoba untuk mengindari rasa mulas dengan menjauhi makanan-makanan pedas atau menggemukan, memakan makanan dalam porsi sedikit tetapi dalam waktu lebih sering, tidur bersandar di kasur di malam hari, dan meminum segelas susu sebelum tidur. Hormon yang ada di tubuh ibu hamil mungkin juga membuat rambut dan kulit ibu hamil tidak bisa ditebak. Rambut mungkin menjadi lebih tebak atau mungkin mengalami kerontokan.

Informasi lainnya seputar perkembangan bayi 4 bulan dalam kandungan di merries.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s