Menerapkan Sistem Waktu Ketika Bekerja Menggunakan Kantor Virtual Office Jakarta

kantor virtual office jakarta selatan

sumber foto: yourcityoffice

Perdebatan mengenai sistem waktu telah berlangsung semenjak dimulainya serikat buruh, namun apakah hal ini juga perlu diterapkan pada perusahaan yang menggunakan kantor virtual office Jakarta Selatan? Tetapi selain pertanyaan itu, masih ada pertanyaan-pertanyaan lain seperti mana hal yang lebih baik untuk karyawan, bekerja sesuai waktu atau memperhatikan sesuai pekerjaanya? Gaji berdasarkan penjualan atau jam kerja? Waktu bekerja yang ditetapkan atau waktu bekerja yang fleksibel? Perdebatan mengenai masalah ini akan terus berlangsung.

Dengan diperkenalkannya virtual office dan karyawan yang bekerja dari rumah, perdebatan ini menjadi semakin sulit. Untuk melihat apa pilihan yang terbaik untuk perusahaan, simak beberapa penjelasan di bawah ini.

– Keuntungan: Untuk karyawan, keuntungan yang paling signifikan dari sistem waktu adalah hal ini membangun batasan jelas antara pekerjaan dan istirahat. Belakangan, banyak perusahaan berharap karyawannya untuk bisa tersedia pada setiap jam dalam sehari dan hal ini bisa menjadi sesuatu yang sangat membuat stress untuk karyawan yang sedang mencoba untuk mencapai keseimbangan dunia kerja yang sehat. Khususnya ketika seorang karyawan bekerja dari rumah, menciptakan batasan antara waktu bekerja dan waktu luang membuat perbedaan yang besar ketika dalam tingkat stres dan keseluruhan kesehatan mental.

– Kerugian: Di sisi lainnya, menerapkan sistem waktu juga bisa mengurangi rasa kepercayaan antara karyawan dan perusahaanya. Ketika seorang karyawan dipaksa bekerja dalam sistem waktu, khususnya ketika mereka bekerja di rumahnya sendiri, ini bisa memberikan kesan bahwa perusahaan tidak mempercayai karyawannya untuk menyelesaikan pekerjaan di waktu mereka. Hal ini juga bisa membuat karyawan untuk percaya bahwa mereka tidak memiliki nilai di luar gaji yang berdasarkan jam kerja mereka.

– Keuntungan: Dari sisi perusahaan, sistem waktu ketika bekerja menggunakan kantor virtual office Jakarta Selatan bisa menjadi alat penghemat biaya. Dengan mengetahu jam kerja karyawan, pemilik perusahaan bisa diyakini bahwa ia membayar karyawannya hanya untuk waktu dimana ia benar-benar bekerja. Hal ini juga menyederhanakan praktik administrasi untuk menggaji karyawannya dari jam kerja dari pada berdasarkan gaji atau membayar kepada mereka menurut tingkat produktivitas.

– Kerugian: Meskipun menerapkan sistem waktu karyawan memberikan pemilik perusahaan informasi lebih jelas kapan dan seberapa lama karyawannya bekerja, menggaji karyawan dalam cara per jam kadang kala bisa mengganggu tingkat produktivitas. Karena sistem waktu membuat pemilik perusahaan hanya mengetahui kapan karyawannya bekerja, tetapi tidak diberitahu sebenarnya bahwa bagaimana tingkat produktivitas karyawannya. Bahkan, sebuah penelitian menemkan bahwa jam kerja yang fleksibel benar-benar bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Untuk banyak pekerja dari rumah modern, jam kerja 9 pagi hingga 5 sore secara sederhana tidak memberikan kelenturan yang cukup dan sebagai hasilnya tingkat produktivitas sering dipengaruhi ketika karyawaan diharap untuk mengikuti pola jam kerja yang kaku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s